Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Bunga yang Mampu Bertahan Hidup di Cuaca Panas

Kompas.com - 16/05/2021, 18:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan tanaman bunga di rumah tak hanya mempercantik ruangan, tapi juga memberi kesejukan. Namun, cuaca panas yang ekstrem sering kali membuat kering, bahkan mati, bunga-bunga tersebut.

Meski telah melakukan pencegahan dengan menyiram tanaman secara rutin dan lebih sering, nyatanya hal itu tak bisa menyelamatkan tanaman dari kekeringan. 

Baca juga: 7 Tanaman Bunga Gantung yang Tahan Panas

Demi mencegah kekeringan lebih besar, penting mempersiapkan taman Anda untuk menghadapi cuaca panas. Cara mudahnya adalah memilih tanaman yang tahan terhadap cuaca panas. Dengan begitu, taman tetap terlihat berwarna meski pada musim panas.

Melansir dari laman House Beautiful, Sabtu (16/5/2021), berikut ini lima tanaman bunga yang mampu bertahan hidup di cuaca panas. 

Baca juga: 7 Tanaman Bunga yang Tahan Panas, Cocok di Halaman Rumah

Kembang Sepatu

Ilustrasi kembang sepatuUnsplash/Jeff Kingma Ilustrasi kembang sepatu
Berasal dari daerah beriklim hangat, subtropis, dan tropis, bunga sepatu menyukai sinar matahari dan kelembapan penuh.

Tak heran, tanaman bernama ilmiah ini Hibiscus Rosa-Sinensis sangat tahan terhadap cuaca panas, bahkan bisa tumbuh subur.

Baca juga: Sederet Manfaat Bunga Turi bagi Kesehatan 

Kembang sepatu juga tumbuh subur di Indonesia. Bungan ini terdiri atas banyak warna, di antaranya merah, pink, kuning, putih, juga oranye.

Pentas

Tanaman pentas, yang juga dikenal sebagai bunga bintang Mesir, merupakan bunga tahunan yang tahan terhadap cuaca panas. Tanaman ini berasal dari Afrika, Arab, dan Madagaskar. Tak heran, bila pentas menjadi bunga tahan panas

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Daisy yang Penuh Arti dan Simbol 

Bunga pentas akan mekar paling baik di bawah sinar matahari penuh dan memiliki berbagai warna seperti merah muda, putih, lavender, dan merah.

Vinca 

Ilustrasi bunga vinca atau tapak daraUnsplash/Frame Harirak Ilustrasi bunga vinca atau tapak dara
Tanaman vinca atau dikenal tapak dara ini tumbuh di alam liar seperti di tanah berpasir atau kapur dan padang rumput kering.

Baca juga: Tak Hanya Memukau, 8 Tanaman Bunga ini Juga Dapat Naikkan Mood 

Itulah mengapa sangat bagus untuk menghiasi taman Anda pada cuaca atau musim panas. Tanaman ini hadir dalam banyak warna, dari merah muda, putih, juga ungu.

 

Lantana

Ilustrasi bunga lantana. PIXABAY/THANASIS PAPAZACHARIAS Ilustrasi bunga lantana.
Berasal dari lingkungan tropis, bunga lantana lebih menyukai sinar matahari penuh dan tanah kering.

Baca juga: Simak, Cara Menanam dan Merawat Bunga Pansy dari Biji 

Lantana adalah bunga tahunan yang tangguh serta mampu mentoleransi kekeringan dan cuaca terik. Tanaman ini juga disukai hewan penyerbuk seperti lebah.

Penstemon

Tanaman tahunan ini, yang juga disebut lidah janggut, memiliki bunga berbentuk tabung dengan aneka warna seperti pink, merah, atau ungu. 

Baca juga: Dari Antioksidan hingga Cegah Kanker, Ini Sederet Manfaat Bunga Telang

Selain itu, bunga ini mempunyai dedaunan cantik berwarna merah anggur. Penstemon mampu menarik burung kolibri dan lebah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com