Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2021, 14:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara tentang tanaman, tak terlepas dari media tanam serta lokasi tanamnya.

Sebab, kedua faktor tersebut menjadi penentu apakah tanaman akan bisa hidup dengan subur dan berkembang atau tidak. Banyak di antara tanaman yang dapat hidup di dalam ruangan, namun ada juga tanaman yang harus terkena sinar matahari langsung.

Jika harus terkena sinar matahari langsung, agaknya sulit untuk menjadikannya tanaman di dalam ruangan dan harus diletakkan di pekarangan rumah, atau opsi lainnya diletakkan di rooftop atau atap maupun balkon.

Baca juga: Ingin Menanam Tanaman Buah di Dalam Rumah? Ini Tipsnya

Dilansir dari The Spruce, Kamis (21/1/2021), berkebun di atap merupakan konsep yang suda ada, sebab sebagaian penduduk kota telah menyelipkan tanaman di atap.

Menanam di atap juga memiliki keuntungan mulai dari dapat menghemat ruang, dapat memberikan privasi, hingga adanya paparan sinar matahari yang baik.

Pertimbangan

Namun, sebelum mulai menanam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya penggunaan wadah sebab di atap tidak memiliki tanah seperti di pekarangan rumah. Untuk itu, Anda harus menyiapkan wadah yang cocok dan sesuai dengan masing-masing tumbuhan.

Kemudian, pastikan atap dapat menahan beban sebab tanah dan pot akan bertambah berat ketika mereka sudah mulai tumbuh.

Baca juga: Tips Menanam Tomat di Rumah

Masalah air pun harus diperhatikan, apakah selang air atau sumber air sampai ke atap tersebut? Bagaimana cara Anda menyiramnya? Hal-hal tersebut harus diperhatikan sebelum membuat taman di atap.

Hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah paparan sinar matahari yang harus sesuai dengan kebutuhan tanaman masing-masing, serta apakah ada paparan sinar dari pantulan gedung atau bangunan lain yang dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman.

Angin menjadi pertimbangan berikutnya, sebab sirkulasi udara merupakan faktor yang membuat tanaman tersebut bisa tumbuh dengan subur. Apakah suhu dan sirkulasi udara yang ada di atap cocok untuk tiap-tiap tumbuhan?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com