Kompas.com - 21/01/2021, 07:07 WIB
Ilustrasi kucing jenis Abyssinian. PIXABAY/MIMZYIlustrasi kucing jenis Abyssinian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru ingin memelihara kucing di rumah? Salah satu pertimbangan yang kerap muncul adalah memilih antara kucing ras berbulu pendek atau berbulu panjang.

Kucing berbulu pendek bisa menjadi pilihan untuk Anda. Ada banyak kucing ras berbulu pendek dengan begitu banyak warna dan kepribadian yang unik.

Ras kucing berambut pendek berikut ini termasuk beberapa yang mungkin Anda kenali, seperti American Shorthair dan Siamese, serta beberapa yang mungkin belum banyak dikenali.

Baca juga: 7 Jenis Kucing yang Paling Panjang Umurnya, Apa Saja?

Apa saja jenis kucing bulu pendek? Dilansir dari Paw Culture, Kamis (21/1/2021), berikut uraiannya.

1. Abyssinian

Abyssinian adalah salah satu ras kucing peliharaan tertua, tetapi dari manaasal-usulnya tidak jelas.

"Yang diketahui adalah bahwa ras Abyssinian dikembangkan di Inggris dan kucing Abyssinian pertama tiba di Amerika Serikat pada awal 1900-an," kata Tracy Petty, juri Cat Fanciers 'Association (CFA).

Dengan mata berbentuk almond dan bulu pendek berbulu pendek yang datang dalam berbagai warna, imbuh Petty, jenis kucing ini menyerupai singa gunung kecil atau cougar. Kucing yang atletis dan penyayang juga sangat menyukai tempat bertengger tinggi dan suka menjelajah.

“Abyssinian adalah jenis yang sangat aktif, sangat ingin tahu dan sangat pintar,” tuturnya.

Baca juga: 7 Jenis Kucing yang Paling Pintar, Abyssinian hingga Persia

Ilustrasi kucing American Shorthair. PIXABAY/S9234460 Ilustrasi kucing American Shorthair.

2. American Shorthair

"Nenek moyang kucing American Shorthair dianggap asli Amerika Utara, dan pembiakan selektif menghasilkan penunjukan resmi dari jenis American Shorthair pada 1960-an," terang Petty.

Pada pandangan pertama, tubuh kucing berotot dan berukuran sedang ini mungkin menyerupai kucing domestik yang tidak mencolok, tetapi jenis ini memiliki tampilan yang spesifik.

"American Shorthair dikenal dengan mata lebar, telinga bulat, dan moncong berbentuk persegi, serta sifatnya yang mudah beradaptasi, santai dan penyayang," sebut Petty.

Bulu American Shorthair pendek dan padat, dan tersedia dalam berbagai warna dan pola, dengan warna cokelat yang sangat populer.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X