Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2021, 18:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menanam tanaman hias, namun ada beberapa tanaman buah yang bisa dirawat di halaman rumah.

Selain dapat memberikan pemandangan serta udara yang lebih sejuk, tanaman buah dapat dipanen ketika sudah memasuki masa panenya. Lantas, buah apa saja yang bisa ditanam di halaman rumah?

Mengutip dari kanal Youtube MGB Garden, Selasa (19/1/2021), tomat bisa tumbuh di daerah tropis dan subtropis, biasanya jika di negara tropis seperti Indonesia tomat ditanam di musim kemarau.

Baca juga: Merawat Tomat Ceri di Rumah, Varietas dan Tips Menanamnya

Sedangkan di negara subtropis dapat ditanam pada musim semi dan dipanen di musim panas, karena tomat membutuhkan paparan sinar matahari langsung.

Untuk menanam tomat, harus mempersiapkan benihnya, dianjurkan menggunakan benih organik.

Tomat terdiri dari dua jenis, yakni determinate dan indeterminate. Determinate adalah jenis tomat yang akan berhenti tumbuh pada ketinggian tertentu, mengeluarkan buahnya sekaligus dan langsung mati, sedangkan indeterminate adalah jenis tomat ceri yang akan matang secara bergantian atau berurutan yakni dari bawah hingga ke atas.

Tomat ceri ini memiliki usia yang lebih panjang yakni sekitar tiga bulan.

Baca juga: 5 Manfaat Saus Tomat, Bersihkan Panci hingga Gagang Pintu

Tomat Dataran Rendah, Menengah, dan Tinggi

Pentingnya mengetahui jenis tomat yang akan ditanam guna menentukan juga media tanamnya. Pasalnya, batang tomat tidak bisa berdiri tegak tanpa bantuan penopang agar tumbuh ke atas.

Penopang ini juga dibutuhkan agar daun tidak menyentuh tanah dan menyebabkan berbagai penyakit yang dapat menyerang tanaman ini.

Yang perlu diketahui, tomat memiliki jenis dataran tinggi, menengah, dan rendah. Tomat dataran tinggi tidak bisa ditanam di dataran rendah, sedangkan tomat dataran tinggi dan menengah bisa ditanam di dataran renah.

Untuk itu, perlu memahami jenis tomat tersebut sehingga dapat tumbuh dengan subur.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com