Kompas.com - 21/01/2021, 09:28 WIB
Ilustrasi oven listrik. SHUTTERSTOCK/VENUS ANGELIlustrasi oven listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Oven menjadi peralatan memasak yang sering digunakan untuk membuat berbagai sajian makanan.

Namun, karena sering digunakan, terkadang menyebabkan kotoran yang banyak dan menempel di bagian dalam serta luar oven.

Dilansir dari Good Housekeeping, Kamis (21/1/2021), minyak dan potongan-potongan kecil makanan gosong di dalam oven dapat menyerap panas dan membuat oven kurang efesien dalam pemanasannya.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Microwave Oven

Selain itu, menjaga bagian luar oven tetap bersih juga membantu untuk melihat proses pemanggangan. Lantas, bagaimana cara membersihkan oven? Berikut ulasannya.

Bagian dalam dan rak

Untuk membersihkan bagian dalam dan raknya, rendam rak oven selama satu jam di bak yang berisi air panas dan soda kue yang telah larut. Kemudian gosok sisa makanan dengan gulungan aumunium foil dan biarkan mengering.

Pintu

Kemudian, bagian yang harus dibersihkan lagi adalah pintu oven. Keluarkan semua makanan yang dimasak dengan spatula logam atau pengikis kompor keramik, lalu gunakan pembersih oven gel atau semprotan untuk membersihkan bagian pintunya.

Cara lainnya adalah dengan mengoleskan soda bikarbonat dan air bagian pintu oven. Biarkan selama 15 hingga 20 menit lalu bersihkan dengan kain mikrofiber basah.

Baca juga: 5 Pilihan Oven Listrik, Daya di Bawah 1.000 Watt

Menjaga kebersihan

Setelah dibersihkan, menjaga kebersihan oven agar tetap bersih merupakan solusi utama untuk menghindari noda yang sulit dibersihkan.

Gunakan kantong pemanggang untuk proses pemanggangan daging, ikan, atau bahkan sayuran untuk menghindari tumpahan atau cipratan.

Setelah Anda selesai menggunakan oven, masukkan semangkuk air tahan panas ke dalamnya dan panaskan dengan suhu tinggi selama 20 menit.

Ini akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak. Kemudian, setelah cukup dingin, seka permukaan interior untuk menghilangkan kotoran.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X