Kompas.com - 20/01/2021, 20:57 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah shutterstockIlustrasi membersihkan rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah bukan hanya sekadar kegiatan rutin sehari-hari. Menjaga dan memastikan rumah yang bersih pun bukan hanya untuk kesehatan fisik Anda sekeluarga.

Ternyata, membersihkan rumah juga memiliki serangkaian manfaat, khususnya bagi kesehatan fisik maupun mental Anda.

Nah, apa saja manfaat membersihkan rumah? Dilansir dari Reader's Digest, Rabu (20/1/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan Rumah, Cuma 1 Jam

1. Menghilangkan stres

Lebih banyak kekacauan berarti lebih banyak stres. Jadi, tidak mengherankan bahwa pekerjaan rumah dapat mengurangi stres dan kecemasan hingga 20 persen, menurut Survei Kesehatan di Skotlandia.

Namun, Anda memang membutuhkan 20 menit aktivitas untuk mendapatkan efek ini. Menggunakan produk pembersih beraroma lemon dapat membantu Anda menghilangkan stres lebih cepat.

Penelitian menunjukkan aroma ini mengurangi stres dan meninggalkan kesan positif pada orang lain.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Bikin Kegiatan Membersihkan Rumah Jadi Lama

2. Membantu Anda bernapas lebih baik

Jika Anda rentan terhadap alergi atau serangan asma saat musim hujan tiba, jangan menganggap serbuk sari adalah satu-satunya penyebabnya. Debu di dalam rumah pun bisa memicu munculnya alergi dan asma.

"Debu dan bulu hewan peliharaan adalah pemicu asma yang kuat, terutama pada anak-anak," kata Jennifer McDonnell dari Rush University Medical Center.

3. Memperbaiki mood

Membersihkan rumah secara menyeluruh dan menjaganya tetap bersih adalah salah satu pendorong suasana hati atau mood yang pasti ingin Anda jadikan sebagai kebiasaan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X