Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garam Laut Sebagai Pupuk Tanaman: Manfaat dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 17/05/2021, 13:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk menyuburkan tanaman, baik tanaman hias, sayuran, tanaman bunga, maupun buah-buahan. Salah satunya adalah dengan garam laut.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (17/5/2021), Fine Gardening menyatakan, garam laut juga dapat digunakan sebagai pupuk, dan bekerja pada tanaman, rumput, dan pohon.

Manfaat garam laut sebagai pupuk tanaman

Democrat & Chronicle menjelaskan, studi dari Italia dan Israel yang menganalisis bagaimana rasa tomat saat diberi nutrisi dengan dan tanpa larutan garam.

Baca juga: 7 Benda di Rumah yang Sebaiknya Dibersihkan dengan Garam

Tomat yang dinutrisi dengan larutan garam tampaknya memiliki rasa yang lebih enak, dan ini mungkin disebabkan oleh peningkatan gula dan asam yang dihasilkan oleh garam.

Peneliti telah menambahkan air laut sebagai daun basah. Meskipun sebagian daunnya sedikit gosong, tanamannya baik-baik saja.

Saat ini, Anda dapat membeli pupuk yang mengandung cukup banyak garam laut biasa. Jika Anda ingin menggunakannya, Anda harus berhati-hati, karena terlalu banyak natrium dapat merusak tanaman dan membakar rumput.

Garam laut dapat digunakan sebagai pupuk tomat, melon dan jenis melon lainnya untuk menambah rasa manis. Beberapa orang juga mengklaim garam laut membantu bunga mawar tumbuh.

Baca juga: Menyiram Tanaman dengan Air Garam, Air Gula, dan Air Ledeng, Baguskah?

Apa itu garam laut?

Menurut Healthline, garam laut sebagian besar mengandung natrium klorida, tetapi juga mengandung zat besi, seng, dan kalium.

Garam laut yang lebih gelap memiliki lebih banyak nutrisi dan kotoran. Namun, jangan menggunakan garam laut hitam untuk tanaman Anda.

Cara memupuk tanaman dengan garam laut

Jika digunakan dengan benar, garam laut dapat membantu tanaman menjadi lebih sehat. Garam laut juga organik dan murah.

Hal utama yang perlu diketahui saat mempertimbangkan kegunaannya sebagai pupuk adalah harus diencerkan. Cara yang tepat untuk mengencerkan garam laut akan bervariasi tergantung pada tanaman apa yang digunakan untuk mendapatkan manfaatnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com