Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Keramik untuk Lantai Kamar Mandi yang Antilicin

Kompas.com - 09/05/2021, 19:05 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menentukan desain untuk kamar mandi, banyak orang yang terlalu fokus pada pemilihan warna cat dan keserasian dengan perlengkapan atau furnitur yang ada di kamar mandi.

Sebagian orang melupakan elemen penting lainnya, yakni lantai kamar mandi. Tak seperti ruangan lain yang kering, kamar mandi berfungsi sebagai ruang mandi dan membersihkan diri sehingga lantainya mudah basah, kotor, juga licin

Baca juga: 4 Cara Menjaga Lantai Kamar Mandi Tetap Kesat 

Begitu pun risiko terpeleset, bahkan terjatuh, lebih besar terjadi di kamar mandi dibanding ruangan lainnya di rumah.

Karena itu, penting memilih lantai keramik yang antiselip sehingga tidak licin dan aman, terlebih bila hunian memiliki anggota keluarga yang sudah lansia dan anak-anak. 

Baca juga: Trik Menjaga Lantai Kamar Mandi agar Tetap Bersih

Kriteria memilih lantai kamar mandi haruslah tahan lama, tahan air, serta memberikan cengkraman dan traksi ketika berjalan di permukaan lantai yang basah. Melansir dari Bathroomprosnj, Minggu (09/5/2021), berikut ini lima jenis keramik untuk lantai kamar mandi yang tidak licin.

Batu Alam

Ilustrasi kamar mandiUnsplash.com/Jared Rice Ilustrasi kamar mandi

Keramik yang terbuat dari batu alam adalah salah satu pilihan terbaik untuk lantai kamar mandi antiselip. 

Keramik ini memiliki tekstur bebatuan atau buliran pasir yang mampu memberikan efek kesat pada telapak kaki sehingga dapat mencegah risiko terpeleset di kamar mandi meski dalam keadaan basah. 

Baca juga: 9 Manfaat Boraks, Bersihkan Lantai Kamar Mandi hingga Usir Semut

Selain itu, keramik dari material batu alam memiliki kualitas terbaik yang sudah terbukti dibanding keramik kamar mandi jenis lain. Keramik batu alam juga tahan lama dan dapat menambah estetika di kamar mandi.

Meski demikian, keramik ini memiliki harga yang mahal daripada keramik lainnya. Namun, harga tersebut dapat dikatakan sebanding dengan manfaat dan fungsi yang diberikan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Lemon, Cuka, dan Soda Kue

Vinyl Non-Slip

Vinyl adalah keramik kamar mandi yang populer karena desainnya yang aestetik dan praktis. Kamar mandi dan ruang mencuci paling cocok menggunakan lantai jenis ini karena dapat menjaga lantai tidak licin meski aktivitas di kamar mandi dan ruang mencuci padat.

Kelebihan keramik vinyl non-slip ini ialah harganya terjangkau, tahan air, antiselip, dan serbaguna. Keramik jenis ini menjadi pilihan yang tepat untuk desain kamar mandi bergaya modern dan trendi. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Penyebab Kamar Mandi Terlihat Kotor dan Berantakan

Keramik Porselen

Keramik porselen adalah salah satu pilihan keramik yang paling terjangkau dan umum digunakan di kamar mandi. Namun, keramik porselen lebih licin ketika terkena air atau dalam keadaan lembap.

Untuk mengurangi risiko jatuh, beberapa produsen menawarkan opsi antiselip untuk meningkatkan ketahanan dan keamanan di kamar mandi. Versi nonslip ubin keramik dan porselen dirancang dengan permukaan berstruktur nano yang membuatnya nyaman untuk dilewati. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Menyegarkan Tampilan Kamar Mandi Tanpa Renovasi

Permukaan bertekstur meningkatkan cengkeraman pada telak kaki dan lantai sehingga mengurangi risiko terpeleset atau terjatuh di kamar mandi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com