Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2021, 14:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus akan berkeliaran ke area mana pun yang mereka yakini terdapat makanan. Tikus tertarik pada makanan yang ada di tempat sampah, bahkan sisa makanan di meja makan.

Untuk itu, segera membersihkan meja makan sehabis makan dan membuang sampah makanan yang ada di tempat sampah. 

Sebetulnya, ada banyak cara mengusir tikus dari rumah, salah satunya menggunakan bumbu dapur. Dilansir dari Hunker, Minggu (8/8/2021), berikut ini lima bumbu dapur yang dapat membasmi tikus di rumah.

Baca juga: 6 Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah

Cabai rawit

Cabai rawit dapat mengusir tikus di rumah, Untuk memanfaatkannya, taburkan bubuk cabai rawit di sekitar rumah atau di area yang sering muncul tikus. 

Bisa pula membuat semprotan bubuk cabai untuk penggunaan di luar ruangan. Caranya, mencampurkan bubuk cabai dengan air, beberapa deterjen cuci piring, satu sendok makan minyak sayur, dan satu atau dua sendok makan bubuk cabai rawit. 

Ada semua bahan hingga tercampur rata dan semprotkan ke area yang sering dilalui tikus. 

Baca juga: Cara Jitu Menghilangkan Bau Bangkai Tikus 

Kayu manis

Kayu manis memiliki aroma pedas yang kuat sehingga tikus tidak akan mendekat. Letakkan beberapa batang kayu manis pada laci dan lemari.

Bisa pula menggunakan beberapa tetes minyak kayu manis pada bola kapas. Taburkan kayu manis di sekitar meja, lemari, atau area tikus biasa terlihat. 

Bubuk paprika merah

Taburkan bubuk paprika merah di area biasa tikus telah terlihat. Garis tipis serpihan cukup untuk mencegah tikus muncul atau masuk ke ruangan.

Gunakan satu sendok makan bubuk yang diletakkan di kotak serta letakkan di laci dan lubang yang menjadi celah tikus masuk.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Daun Mint, Bisa Usir Serangga Sampai Tikus  

Bawang putih

Gunakan bubuk bawang putih sebagai pengganti bawang putih segar untuk membasmi tikus. Bau yang menyengat akan mengganggu tikus dan menyebabkan mereka mencari makanan di tempat lain.

Anda juga perlu menanam bawang putih di kebun jika tikus sering membuat masalah di luar ruangan. 

Baca juga: 6 Pengusir Tikus Alami, Cabai Giling Kasar hingga Cengkih

Daun mint

Sebarkan daun mint kering atau segar di atas meja untuk mencegah serangan tikus. Tanam tanaman mint di sekitar rumah Anda untuk mengusir tikus.

Daun mint memilikia aroma manis yang menyenangkan bagi manusia, tetapi berbahaya bagi tikus. Letakkan kantong teh mint di laci, gantung di lemari atau basahi bola kapas dengan minyak mint.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com