Kompas.com - 08/08/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi tikus. PIXABAY/ALEXAS_FOTOSIlustrasi tikus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus akan berkeliaran ke area mana pun yang mereka yakini terdapat makanan. Tikus tertarik pada makanan yang ada di tempat sampah, bahkan sisa makanan di meja makan.

Untuk itu, segera membersihkan meja makan sehabis makan dan membuang sampah makanan yang ada di tempat sampah. 

Sebetulnya, ada banyak cara mengusir tikus dari rumah, salah satunya menggunakan bumbu dapur. Dilansir dari Hunker, Minggu (8/8/2021), berikut ini lima bumbu dapur yang dapat membasmi tikus di rumah.

Baca juga: 6 Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah

Cabai rawit

Cabai rawit dapat mengusir tikus di rumah, Untuk memanfaatkannya, taburkan bubuk cabai rawit di sekitar rumah atau di area yang sering muncul tikus. 

Bisa pula membuat semprotan bubuk cabai untuk penggunaan di luar ruangan. Caranya, mencampurkan bubuk cabai dengan air, beberapa deterjen cuci piring, satu sendok makan minyak sayur, dan satu atau dua sendok makan bubuk cabai rawit. 

Ada semua bahan hingga tercampur rata dan semprotkan ke area yang sering dilalui tikus. 

Baca juga: Cara Jitu Menghilangkan Bau Bangkai Tikus 

Kayu manis

Kayu manis memiliki aroma pedas yang kuat sehingga tikus tidak akan mendekat. Letakkan beberapa batang kayu manis pada laci dan lemari.

Bisa pula menggunakan beberapa tetes minyak kayu manis pada bola kapas. Taburkan kayu manis di sekitar meja, lemari, atau area tikus biasa terlihat. 

Bubuk paprika merah

Taburkan bubuk paprika merah di area biasa tikus telah terlihat. Garis tipis serpihan cukup untuk mencegah tikus muncul atau masuk ke ruangan.

Gunakan satu sendok makan bubuk yang diletakkan di kotak serta letakkan di laci dan lubang yang menjadi celah tikus masuk.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Daun Mint, Bisa Usir Serangga Sampai Tikus  

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.