Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Shower Terbaik dan Berteknologi Tinggi untuk Kamar Mandi

Kompas.com - 08/08/2021, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat merencanakan desain kamar mandi, kebanyakan pemilik rumah kerap terjebak dalam estetika ruang seperti tampilan kamar mandi yang cantik dan nyaman.

Mereka sering kali melupakan furnitur penting yang digunakan di kamar mandi, salah satunya shower. Padahal, memahami bagaimana memilih shower yang bekerja dengan sempurna dan tahan lama untuk penggunaan sehari-hari sangat penting. 

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Kepala Shower yang Kotor dan Berkerak

Pasalnya, shower dapat menentukan pengalaman mandi Anda dan memungkinkan untuk lebih menikmati suasana kamar mandi.

Tentu saja Anda tidak menginginkan gangguan karena harus mengganti shower berkali-kali sebelum masa pakainya berakhir. Demi mencegah hal tersebut, Anda harus memilih jenis shower terbaik untuk kamar mandi.

Melansir dari laman Homes and Gardens, Minggu (8/8/2021), berikut ini beberapa jenis dan teknologi shower terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk kamar mandi Anda. 

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Kepala Shower

Shower termostatik 

Shower termostatik adalah jenis shower yang paling umum tersedia dan dijual dalam dua bagian, katup dan kepala shower

Katup adalah komponen teknis yang mengambil air panas dan dingin dari sistem serta memiliki kontrol untuk menyesuaikan suhu serta aliran. 

Baca juga: Shower dan Bathtub, Mana yang Terbaik untuk Kamar Mandi?

Anda dapat memilih katup terbuka yang terletak di permukaan dinding atau mixer tersembunyi yang tertanam di dinding hanya dengan kontrol yang ditampilkan. 

Shower termostatik tersedia dalam berbagai pilihan gaya, dari klasik hingga ultra-ramping. Namun, jenis shower ini membutuhkan tekanan air yang baik sehingga tidak cocok untuk setiap rumah, kecuali jika memasang pompa. 

Baca juga: Simak, Trik Membersihkan Shower yang Tersumbat

Shower elektrik

Jenis shower ini dapat memanaskan dan mendinginkan air sesuai dengan permintaan sehingga menjadikannya pilihan yang ekonomis.

Meski desainnya terbatas, shower elektrik sangat berguna di kamar mandi ekstra dan rumah tangga yang sibuk, yang menggunakan air dalam jumlah banyak. 

Baca juga: Aturan dan Cara Tepat Memasang Wallpaper Kamar Mandi agar Tahan Air

Shower digital

Ingin pengalaman mandi yang fancy dengan mengatur suhu dan aliran air atau beralih di antara berbagai jenis semprotan? Anda bisa menggunakan jenis shower digital.

Sama dengan shower termostatik, shower model digital terdiri atas dua bagian, yakni pengalih yang mencampur air panas dan dingin seperti katup, ditambah kepala pancuran.

Perbedaannya, kotak diverter dapat ditempatkan di mana saja, bahkan di luar ruangan kamar mandi agar tampak rapi. Shower digital menjadi pilihan tepat untuk kamar mandi kecil. 

Baca juga: Kesalahan Meletakkan Cermin yang Membuat Kamar Mandi Tampak Kecil

Selain itu, jenis shower ini memiliki kontrol nirkabel sehingga dapat mengalirkan air ke suhu yang diinginkan sebelum menggunakannya.

Pengaturan yang dapat diprogram memungkinkan setiap anggota keluarga memiliki pilihan panas dan aliran yang disukai seperti santai, menenangkan, bertenaga, juga menyegarkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com