Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Balkon agar Jadi Tempat Bersantai yang Nyaman

Kompas.com - 07/08/2021, 18:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda tinggal di rumah atau apartemen, memiliki balkon adalah keuntungan besar. Meskipun tidak luas seperti halaman rumah, balkon kecil menyediakan ruang pribadi di mana Anda dapat bersantai dan menghirup udara segar.

Dengan sedikit perhatian ekstra pada desain dan dekorasi, balkon dapat berfungsi sebagai tempat bersantai yang nyaman, dapat digunakan untuk bersantap, berkebun, dan bersantai.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (7/8/2021), berikut beberapa ide dekorasi balkon agar dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai yang nyaman.

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Pagar Balkon yang Terbuat dari Kaca

1. Personalisasi balkon dengan aksesoris cantik

Hadirkan warna dan pola untuk mengubah balkon yang monoton menjadi oasis yang asri dan nyaman. Mulailah dengan karpet luar ruangan untuk menambahkan pola.

Tarik beberapa kursi dan letakkan di atasnya dengan bantal warna-warni yang terbuat dari kain tahan air. Tanaman adalah cara mudah lainnya untuk menghidupkan balkon kecil, pastikan untuk memilih varietas yang cocok untuk cahaya dan suhu di balkon.

Ilustrasi balkon rumah.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi balkon rumah.

2. Wadah khusus

Lengkapi balkon Anda dengan rak atau troli dorong yang penuh dengan barang-barang penting untuk hiburan di luar ruangan. Pastikan untuk menyertakan beberapa aksen, seperti tanaman pot atau karya seni berbingkai.

Jika Anda khawatir piring atau gelas akan jatuh, gunakan peralatan yang terbuat dari bahan tahan lama dan tahan pecah seperti melamin, plastik, atau baja tahan karat. Pilih troli beroda yang dapat Anda masukkan kembali ke dalam rumah dengan mudah.

Baca juga: 4 Cara agar Balkon Rumah Tahan Diterpa Hujan

3. Tetapkan privasi di balkon

Privasi lengkap akan sulit dicapai jika balkon berhadapan dengan apartemen atau rumah lain atau terbuka ke jalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com