Kompas.com - 06/08/2021, 17:49 WIB
Ilustrasi pagar kaca balkon Unsplash/Solen FeyissaIlustrasi pagar kaca balkon

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain banyak digunakan di sekitar kolam renang, pagar kaca bening juga banyak ditemukan di balkon apartemen

Seperti dilansir dari Home Guides Sfgate, Jumat (6/8/2021), kaca dapat menciptakan dinding dan penghalang dengan desain lebih modern.

Akan tetapi, jika tinggal di daerah dengan iklim sering turun hujan, bintik-bintik air dan garis-garis debu dapat merusak efek kaca bening sehingga perlu merawatnya. 

Untuk itu, perlu menjaga dan melakukan perawatan agar pagar kaca balkon tetap bersih. Nah, berikut ini cara merawat dan membersihkan pagar kaca balkon. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Taman Balkon 

Pembersihan 

Untuk membersihkannya pagar kaca balkon, Anda perlu menyiapan sabun cuci piring dan air. Caranya, encerkan tiga hingga empat sendok sabun cuci piring dalam satu liter air hangat dan gosokkan ke pagar kaca eksterior atau blok kaca untuk menghilangkan kotoran pada permukaan pagar.

Cuci pagar secara menyeluruh, kemudian bilas dengan selang atau memercikkan ember kecil berisi air hangat ke pagar. Biarkan pagar mengering dan hilangkan goresan dengan kain bersih serta tidak berbulu. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Rekomendasi Tanaman yang Dapat Dijadikan Pagar Rumah

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cuka putih untuk menghilangkan debu dan kotoran pada permukaan pagar kaca.

Campurkan satu cangkir cuka dan dua cangkir air hangat untuk solusi pembersihan yang lebih ringan. Oleskan cuka dengan scrubber plastik nonabrasif dan bilas pagar dengan air hangat, lalu biaraka pagar mengering dengan sendirinya.  

Baca juga: Tips Memilih Pagar yang Pas untuk Balkon Rumah 

Pemeliharaan 

Membersihkan pagar kaca bisa dilakukan menggunakan menyemprotkan air ke permukaan setiap kali hujan turun. Selain itu, permukaan pagar kaca dapat dilap dengan kain atau kaus bekas.

Melapisi kaca eksterior Anda dengan lapisan tipis minyak lemon murni akan membantu mencegah terbentuknya noda air. 

Baca juga: Bingung Menentukan Desain Pagar Rumah? Berikut Pilihannya

Perawatan  

Periksa braket dan penyangga pagar kaca setiap sebulan sekali untuk memastikan tidak terlepas atau berkarat. Sebagian besar braket terbuat dari aluminium sehingga karat tidak menjadi masalah, tetapi braket dapat kendur seiring waktu.

Pagar kaca eksterior yang telah dipasang ke kayu perlu diperiksa pijakannya untuk memastikan kayu di sekitarnya tidak membusuk atau dimakan rayap atau jamur.

Selain itu, rajin-rajin memeriksa pagar untu memastikannya tidak hancur atau berkarat. Pagar kaca eksterior yang retak, pecah harus diperbaiki oleh para profesional, terutama jika menutup balkon yang tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.