Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Taman Balkon

Kompas.com - 13/07/2021, 08:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempercantik balkon agar tampak tidak membosankan bisa dilakukan dengan menempatkan beragam jenis tanaman hias. Namun, saat mendesain taman balkon, keterbatasan ruang bisa berarti sulit untuk menemukan inspirasi dan tahu harus mulai dari mana.

Akan tetapi, dengan sedikit pengetahuan dan imajinasi, Anda bisa mewujudkan taman balkon yang indah dan menyenangkan. Sebelum Anda mulai merancang dan memilih tanamab, penting untuk membuat rencana tindakan yang solid yang memperhitungkan detail penting tentang balkon Anda.

“Saya sering membuka Pinterest dan melihat contoh hanya untuk mendapatkan ide gaya apa yang saya suka,” kata Ula Maria, penulis Green: Simple Ideas for Small Outdoor Spaces seperti dikutip dari Good Housekeeping UK, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: 4 Cara agar Balkon Rumah Tahan Diterpa Hujan

“Pikirkan tentang ukuran balkon yang Anda miliki, dan apakah teduh atau cerah, lalu tuliskan semua hal itu, hampir seperti panduan untuk diri sendiri. Kemudian cari di internet untuk balkon yang serupa," imbuh Maria.

Adapun Isabelle Palmer, penulis Modern Container Gardening: How to Create a Stylish Small-Space Garden Anywhere menyebut, penting untuk mempertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakan balkon.

“Tentukan bagaimana Anda ingin menggunakan ruang itu. Apakah di suatu tempat Anda ingin duduk dan bersantai? Apakah itu ruang yang cukup sulit karena tidak ada matahari atau sangat terbuka? Anda dapat mulai membuat zonasi dan memutuskan bagaimana Anda dapat menggunakan ruang secara efektif," ujarnya.

Palmer juga merasa penting mengenali fitur ruang dalam yang mengarah dari balkon, dan bagaimana menghubungkan kedua area tersebut.

Baca juga: Cara Menanam Janda Merana untuk Mempercantik Balkon Rumah

“Pikirkan tentang dari mana ruang itu mengarah, ruang tamu atau kamar tidur, dan bagaimana hal itu akan memengaruhi ruang luar. Apakah Anda memiliki skema warna di dalamnya? Apakah Anda ingin membuat aliran mulus dari ruang tamu ke taman balkon Anda?" terang dia.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat mendesain taman balkon

1. Paparan sinar matahari dan angin

Banyak balkon bisa tanpa atap atau penutup di atasnya, yang berarti sangat terpapar dengan elemen termasuk matahari dan angin.

"Sangat penting bagi Anda untuk memahami seberapa besar balkon Anda akan terpengaruh oleh hal-hal seperti itu," ucap Alex Mitchell, penulis The Edible Balcony: Growing Fresh Produce in the Heart of the City.

“Cari tahu ke arah mana balkon menghadap, habiskan waktu di balkon dan cari tahu dari mana datangnya angin. Biasanya, Anda akan mendapatkan angin sebagian besar dari satu arah," tutur Mitchell.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com