Kompas.com - 12/07/2021, 19:49 WIB
Ilustrasi blender yang dijemur di bawah sinar matahari. UNSPLASH/ Jake Weirick Ilustrasi blender yang dijemur di bawah sinar matahari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Blender merupakan peralatan elektronik dapur yang digunakan untuk menghaluskan berbagai berbagai bahan makanan.  

Ketika memiliki blender, entah itu murah atau mahal, setiap orang pasti menginginkan blendernya tidak mudah rusak. Karena itu, penting untuk menjaga blender agar bisa lebih lama digunakan.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (12/7/2021), berikut ini beragam cara menjaga blender agar tidak mudah rusak. 

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bau pada Blender

Jangan memblender bahan beku

Hindari menghaluskan makanan beku atau es batu secara langsung di blender. Sebab, apabila mata pisau dan tenaga blender tidak terlalu kuat, bisa membuat blender rusak.

Jika ingin memblender es batu, campurkan sedikit air agar mata pisau dan tenaga blender lebih mudah melakukan penggilingan. 

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan Blender, Hanya dalam 30 Detik

Jangan memasukkan bahan panas ke gelas blender

Selain bahan beku, memasukkan makanan atau minuman yang sangat panas untuk di blender juga dapat berisiko merusak gelas blender.

Pasalnya, gelas blender yang berisi makanan panas dan ditutup erat akan membuat udara di dalamnya memanas serta tekanan udara meningkat. Parahnya, gelas blender bisa pecah. 

Baca juga: Apa Itu Blender Tangan? Ini yang Perlu Diketahui

Segera bersihkan blender

Setelah digunakan, segera bersihkan blender untuk menghindari kontaminasi, perubahan, dan membuat wadahnya tetap terlihat baru dan segar.

Cuci gelas blender dengan air sabun hangat. Bilas blender dan ulangi sebanyak yang diperlukan untuk mengeluarkan semua kotoran.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan Blender dengan 5 Langkah Sederhana Ini 

Ketika gelas blender langsung dibersihkan, kamu akan dapat mengikis partikel kotoran kecil di sudut atau di bawah mata pisau yang biasanya tidak cepat keluar.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.