Kompas.com - 12/07/2021, 20:20 WIB
Ilustrasi mengecat dinding. SHUTTERSTOCK/BOGDANHODAIlustrasi mengecat dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat rumah sering kali dianggap sebagai pekerjaan yang mudah. Padahal, mengecat rumah memerlukan banyak persiapan sebelum memulainya.

Pasalnya, salah-salah bisa membuat hasil akhir menjadi buruk seperti permukaan dinding menjadi bintik-bintik atau menonjol dan kasar. 

Baca juga: Begini Cara Mencampurkan Cat Dinding dengan Air

Jika menginginkan dinding yang mulus dengan lapisan warna cat bebas goresan, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mengecat dinding rumah dilansir dari Real Simple, Senin (12/7/2021). 

Menambal setiap lubang

Lubang kecil pada tembok atau dinding bisa tampak besar setelah mengaplikasikan cat. Untuk menghindarinya, luangkan waktu untuk menambal lubang apa pun di dinding.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengecat Dinding Rumah

Setelah tambalan kering, amplas perlahan hingga permukaannya halus. Jangan lupa membersihkan debu yang menempel pada dinding menggunakan kain lembap demi mencegah kotoran tersangkut dalam cat basah. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membersihkan dinding

Selain debu, penting juga membersihkan dinding dari segala kotoran dan puing-puing sebelum mengecat dinding.

Mulailah dengan menggunakan penyedot debu untuk menyedot debu atau bulu hewan peliharaan di sepanjang alas tiang, trim, atau cetakan. 

Baca juga: Terungkap, Warna Cat Eksterior Rumah Terpopuler di Instagram

Setelah itu, lap dinding menggunakan kain sedikit basah dari atas sampai ke bawah dinding. Pastikan permukaan dinding kering sebelum mulai mengecat rumah. 

Mulai dengan primer

Primer tidak hanya membantu peralihan dari warna cat gelap ke warna terang, tetapi juga menyembunyikan ketidakrataan dan ketidaksempurnaan pada dinding.

Selain itu, jika Anda mengecat permukaan yang halus atau mengkilap seperti lemari dapur, primer atau cat dasar akan membantu cat menempel dengan mudah. 

Baca juga: 3 Tips Penggunaan Kombinasi Dua Warna Cat untuk Kamar Tidur Sempit

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.