Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Mencolokkan Banyak Perangkat Elektronik Dalam Satu Steker

Kompas.com - 06/08/2021, 17:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Which

JAKARTA, KOMPAS.com- Biasanya, untuk lebih mempermudah penggunaan listrik, banyak orang menggunakan kabel ekstensi atau soket kabel dengan banyak colokan.

Menggunakan satu soket kabel listrik dengan beberapa perangkat elektronik menjadi hal yang biasa dilakukan. 

Baca juga: Cara Menghemat Tagihan Listrik karena Penggunaan AC

Padahal, melansir dari Which.co.uk, Jumat (6/8/2021), beberapa peralatan memerlukan daya yang sangat besar sehingga ketika dikelompokkan bersama dapat menyebabkan steker atau soket listrik menjadi terlalu panas dan mungkin menyebabkan percikan api.

Bahkan, beberapa peralatan terkecil di rumah ternyata menggunakan daya listrik paling banyak. Misalnya, ketel air menggunakan watt 20 kali lebih banyak daripada kulkas dan setrika menggunakan 2.800 watt. 

Baca juga: Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Oven Listrik 

Mencegah kebakaran karena listrik 

Menurut Jeremy James, Manajer Grup Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Royal Berkshire, untuk memperkirakan apakah soket listrik kelebihan daya atau tidak, Anda harus selalu menghitung total watt semua perangkat yang masuk ke satu soket.

Jika mereka menambahkan hingga lebih dari 3.000 watt, hal itu dapat membuat steker menjadi terlalu panas dan berpotensi menyebabkan kebakaran. 

Baca juga: 5 Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Rice Cooker

Contohnya, mesin cuci biasanya memiliki daya sekitar 2.200 watt, mesin pencuci piring sebesar 2.200 watt, toaser sebesar 2.000 watt, ketel air sebesar 3.000 watt, vacuum cleanser 2.000 watt, setrika 2.800 watt, dan oven 2,500 watt.

Ketika ketel air, mesin cuci, dan mesin pencuci piring dicolokkan ke soket yang sama, akan memiliki daya yang sangat besar daripada jumlah yang disarankan.

Perhatikan jika Anda memindahkan colokan untuk mencoba memasukkan perangkat tambahan dan hindari menggunakan lebih dari satu kabel ekstensi per soket karena dapat meningkatkan risiko kelebihan beban soket secara signifikan. 

Baca juga: Catat, Ini Suhu AC Terbaik untuk Menghemat Biaya Listrik

Selain itu, adaptor blok plastik yang memiliki banyak soket dan terkadang tanpa sekering sebaiknya dihindari.

Adaptor blok bukannya tidak aman, tetapi berat colokan dan kabelnya dapat mulai menarik adaptor keluar dari stopkontak yang mengarah ke pemanasan resistensi serta meningkatkan risiko kebakaran.

Jika menduga bahwa satu colokan pada stopkontak ganda terisi penuh, coba gunakan hanya perangkat berdaya rendah pada soket lainnya. 

Baca juga: 6 Cara Menghemat Tagihan Listrik Saat Menggunakan AC 

Kapan harus menggunakan pelindung lonjakan arus? 

Pelindung lonjakan arus adalah alat atau perangkat yang dirancang untuk melindungi perangkat listrik dari lonjakan tegangan.

Pelindung lonjakan arus mencoba membatasi tegangan yang dipasok ke perangkat listrik dengan memblokir atau menyingkat ke ground tegangan yang tidak diinginkan di atas ambang batas aman.

Lonjakan biasanya dihasilkan dari gelombang energi tinggi yang menghasilkan lonjakan dan berlanjut di sekitar sirkuit dan dapat merusak peralatan elektronik yang sensitif. 

Baca juga: 5 Tips Menghemat Tagihan Listrik, Yuk Dicoba!

Selain itu, sambaran petir langsung juga dapat menghasilkan gelombang besar dari jarak hingga dua kilometer. Lonjakan dapat diinduksi dalam sistem kabel, bahkan ketika tidak ada koneksi langsung ke titik sambaran petir.

Pelindung lonjakan arus dapat menyerap begitu banyak gelombang sebelum berhenti berfungsi. Meski praktis, penggunaan steker yang semakin lama, semakin berisiko.

Jika menyerap lonjakan daya yang serius, Anda harus segera menggantinya. Sebagai aturan, pelindung lonjakan arus harus diganti setidaknya setiap dua tahun sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com