Kompas.com - 12/07/2021, 14:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan alat elektronik yang dapat menyejukan ruangan dengan cepat. Tak heran, membuat AC menjadi alat eketronik yang paling diandalkan saat cuaca panas.

Akan tetapi, meski memiliki kemampuan menghasilkan udara sejuk, Anda memerlukan keseimbangan antara kenyamanan dan finansial saat menggunakan AC. Jangan sampai penggunaan AC membuat tagihan listrik membengkak. 

Baca juga: Kesalahan Fatal dalam Penggunaan AC yang Sering Tidak Disadari

Melansir dari Directenergy, Senin (12/7/2021), sederhananya, semakin rendah menyetel termostat pada musim panas, semakin tinggi tagihan listrik.  

Atur suhu terbaik saat di rumah 

Untuk tetap nyaman dan menghemat biaya listrik pada saat musim panas, Departemen Energi Amerika Serikat merekomendasikan mengatur termostat AC pada suhu 26 derajat Celsius saat Anda berada di rumah.

Menyetel AC ke pada suhu ini dapat membuat ruangan tetap sejuk dan menghindari tagihan listrik meningkat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan dehumidifier untuk menurunkan tingkat kelembapan pada ruangan. 

Baca juga: Perhatikan, Ini 5 Tanda Filter AC Harus Diganti

Meski suhu 26 derajat Celsius mungkin masih terdengar terlalu tinggi, Anda dapat membantu AC memberikan pendinginan yang lebih baik dan lebih sedikit energi.

Caranya, mencegah udara hangat masuk ke rumah dan udara dingin keluar. Perhatikan celah jendela dan pintu yang memungkinkan suhu panas dari luar masuk ke ruangan. 

Baca juga: 5 Penyebab AC Tidak Dingin yang Harus Diketahui

Suhu AC yang tepat

Menurut American Society of Heating, Refrigerating and Air Conditioning Engineers (ASHRAE), kisaran suhu yang disukai penghuni saat musim panas adalah 22-26 derajat Celsius.

Sementara itu, malam hari adalah kesempatan lain untuk konservasi. Saat tidur, suhu tubuh inti Anda turun dan panas memancar dari ekstremitas. 

Baca juga: Sederet Penyebab AC Mengeluarkan Bunga Es

Sebuah studi National Institute of Health menemukan tidur terbaik terjadi ketika tubuh mencapai "termoneutralitas" saat suhu lingkungan berada pada 30 derajat Celsius dengan menggunakan pakaian lebih terbuka atau 18 derajat Celsius dengan mengenakan piyama dan ditutupi selimut.

Kemudian, salah satu taktik untuk dapat menghemat energi saat musim panas adalah menyetel AC pada suhu 26 derajat Celsius dengan menggunakan seprai dan pakaian yang nyaman serta tidak panas.

Anda juga dapat membantu diri tertidur dengan menggunakan kipas langit-langit untuk mengembuskan angin dengan lembut ke tempat tidur. 

Baca juga: 6 Cara Menghemat Tagihan Listrik Saat Menggunakan AC

Selain itu, menggunakan tirai atau gorden juga dapat menghalangi sinar matahari dan mencegah panas masuk melalui jendela. Jangan lupa membatasi penggunaan peralatan yang menghasilkan panas seperti oven dan kompor setelah pukul 20.00. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.