Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghemat Tagihan Listrik karena Penggunaan AC

Kompas.com - 01/08/2021, 23:23 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com--Cuaca panas dapat menyebabkan sistem pendingin udara bekerja lebih keras dan menghabiskan lebih banyak energi untuk menginginkan ruangan.

Global News Canada melaporkan bahwa AC dapat mencapai hingga 50 persen dari total konsumsi energi rumah tangga selama musim panas.

Untuk mengurangi biaya pendinginan ruangan tanpa mengorbankan kenyamanan dan keamanan keluarga di rumah, berikut adalah tips hemat energi saat menggunakan AC seperti dilansir dari Roohome, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: Tips Menyetel AC untuk Tidur yang Nyaman dan Tidak Terlalu Dingin

1. Periksa filter udara

Menjaga filter udara agar tetap bersih dan bebas dari kotoran dan debu akan memastikan efisiensi energi sistem pendingin udara.

Filter AC membersihkan udara yang bersirkulasi ke seluruh sistem dengan menjebak kontaminan berbahaya.

Ketika menjadi tersumbat, AC tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Lupa memeriksa dan mengganti filter udara kotor biasanya menyebabkan sistem menjadi terlalu panas, udara tidak bersih, suhu tidak nyaman, dan peningkatan penggunaan energi.

Kamu bisa menyewa jasa perawatan AC secara berkala akan memastikan kondisi kualitas suku cadang AC setiap saat.

Baca juga: 3 Alasan AC Tak Mampu Dinginkan Ruangan

2. Jalankan kipas langit-langit

Jika kamu tidak memiliki kipas langit-langit di rumah, sekaranglah saatnya untuk membelinya. Menggunakan kipas langit-langit untuk berjalan bersama dengan sistem pendingin udara akan membantumu mengurangi biaya pendinginan.

Kipas angin memungkinkan menyetel termostat AC lebih tinggi tanpa merasa kepanasan. Menurut pakar industri, ini akan membantumu menghemat sekitar empat hingga delapan persen untuk biaya AC.

Namun, kipas langit-langit hanya mendinginkan orang, bukan kamar. Oleh karena itu, ingatlah untuk mematikan kipas angin langit-langit saat tidak ada orang di dalam ruangan untuk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com