Kompas.com - 28/07/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi AC. SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIOIlustrasi AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendapatkan suasana tidur yang lebih nyaman dan bebas gerah, tidak sedikit orang memasang AC di kamar tidur.

Namun, menyalakan AC di kamar tidur terkadang bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan tidak bisa tidur akibat kedinginan. 

Baca juga: 6 Mitos Penggunaan AC yang Tidak Perlu Dipercaya

Jika hal ini terjadi padamu, terdapat beberapa aturan saat menyalakan AC sebelum tidur agar bisa terasa nyaman dan tidak kedinginan.

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (28/7/2021), berikut ini tips menyetel AC untuk tidur yang nyaman dan tidak terlalu dingin. 

Baca juga: 3 Alasan AC Tak Mampu Dinginkan Ruangan

Memastikan seluruh ruangan tertutup rapat

Ketika akan menyalakan AC untuk tidur, pastikan seluruh ruangan kamar tidur tertutup rapat, dari jendela hingga pintu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini perlu dilakukan agar udara yang dikeluarkan AC bekerja secara maksimal di dalam kamar. Setelah ruangan kamar tidur tertutup rapat, barulah mulai menyalakan AC. 

Baca juga: 5 Penyebab AC Tidak Dingin dan Mengeluarkan Angin Panas

Atur suhu awal AC pada suhu 28 derajat Celsius

Setelah menyalakan AC, atur suhunya menjadi 28 derajat Celsius. Jangan langsung menurunkan suhu AC terlalu rendah agar tubuh tidak kaget dengan suhu rendah.

Jika suhu masih terasa kurang dingin, kamu bisa menurunkannya secara bertahap hingga mendapatkan suhu yang sesuai dan nyaman untuk tidur. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Hidup di Ruangan Ber-AC

Naikkan suhu AC ketika sudah benar-benar mengantuk

Ketika suhu AC yang diatur sebelumnya berhasil membuat nyaman, naikkan sebanyak dua sampai tiga derajat ketika kamu sudah benar-benar mengantuk dan akan tidur.

Hal ini perlu dilakukan agar kondisi tubuh menjadi rileks dan tidak kendinginan saat sudah terlelap. Sebagai contoh, suhu AC yang menurutmu nyaman sebelum tidur adalah 22 derajat Celsius, maka naikkan menjadi 24-25 derajat Celsius. 

Baca juga: Harus Tahu, Ini Penyebab AC Bocor dan Meneteskan Air

Manfaatkan fitur mode auto

Apabila ingin suhu AC sesuai dengan sebelum tidur, manfaatkan fitur mode auto. Fitur mode auto memiliki fungsi mengatur suhu secara otomatis.

Jadi, AC akan mendeteksi suhu ruangan kamar tidur dan menyesuaikan sendiri suhu udara yang dibutuhkan untuk membuat ruangan cukup sejuk. 

Baca juga: Alasan Mengapa Dilarang Merokok di Ruangan Ber-AC

Gunakan timer untuk mematikan AC secara otomatis

Apabila ingin mengatur AC mati saat bangun tidur, kamu bisa memanfaatkan timer atau pengatur waktu otomatis. Dengan menggunakan timer, kamu bisa mudah untuk bangun tidur pada waktu yang diinginkan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.