Kompas.com - 28/07/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi tanaman herbal. PIXABAY/OLGAOFDGIlustrasi tanaman herbal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias di dalam pot membutuhkan wadah yang sesuai untuk tumbuh subur. Pot yang terlalu kecil atau besar akan menghambat pertumbuhan tanaman.

Untuk itu, penting memeriksa keadaan pot tersebut. Apakah harus diganti ke pot yang lebih besar atau tidak. Lantas, apa tandanya jika tanaman harus diganti potnya?

Dilansir dari Well and Good, Rabu (28/7/2021), ada beberapa tanda pot tanaman harus diganti seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Diletakkan di Kamar Mandi 

Akar tanaman tumbuh dari dasar pot 

Tanda jika pot tanaman harus diganti adalah ketika melihat akarnya tumbuh dari dasar pot. Jika sudah seperti itu, Anda harus segera mengganti pot tanaman.

Sebab, di pot yang lama, nutrisi yang terkandung di dalam tanah sudah terkikis. Dengan memindahkan ke pot baru, tanaman akan mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Indoor dan Outdoor saat Musim Hujan 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bola akar terbentuk

Selanjutnya, jika mulai bisa melihat akar tanaman tumbuh seperti melingkar ke bawah, tandanya Anda harus mengganti potnya.

Hal ini mengartikan tanaman kehabisan ruang untuk tumbuh. Ketika ini terjadi, Anda mungkin juga melihat bahwa tanah di dalam pot bergeser saat akar mulai mendorong tanaman ke atas dan keluar dari wadah.

Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat memangkas kembali sebagian dari akar itu, terutama jika berpikir bahwa tanaman akan memiliki lebih banyak bola akar, di mana akar-akar telah tumbuh di sekitar lingkaran itu. 

Baca juga: 10 Tanaman Bunga Indoor yang Dapat Mencerahkan Ruangan 

Tanaman membutuhkan lebih banyak air dari biasanya 

Jika salah satu tanaman hanya disiram seminggu sekali dan sekarang Anda menyadari bahwa harus menyiramnya dua kali seminggu karena airnya habis begitu cepat, hal ini bisa disebabkan sistem akar yang sangat berkembang.

Apabila sudah terjadi seperti itu, Anda harus segera mengganti potnya. Setelah dimasukkan ke pot yang lebih besar, akan ada lebih banyak tanah untuk menahan air yang berikan ke tanaman. 

Baca juga: Awas, ini Efek yang Dihasilkan Sitrun pada Tanaman 

Tanaman tidak mekar atau buah tidak matang di waktu seharusnya 

Jika melihat tanaman tidak berbunga atau tidak matang buahnya, tandanya Anda harus mengganti pot tanaman tersebut.

Tanaman yang berada dalam pot terlalu kecil, tidak akan bisa berkembang baik sehingga harus diganti potnya dengan yang lebih besar.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.