Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Menentukan Desain Pagar Rumah? Berikut Pilihannya

Kompas.com - 28/12/2020, 15:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagar merupakan salah satu elemen penting dalam suatu bangunan. Selain menjadi pembatas serta keamanan di rumah, pagar juga bisa menjadi elemen dekoratif yang menambah kecantikan suatu bangunan.

Dilansir dari Architecture and Design, Senin (28/12/2020) tujuan pembuatan pagar akan membedakan jenis pagar yang akan dipilih, misalnya ketika ingin membuat pagar untuk keamanan maka material yang akan dipilih cenderung berat dan kokoh, serta ketinggiannya pun lebih tinggi daripada pagar yang dibuat sebagai estetika bangunan.

Yang harus diperhatikan adalah semua material pagar memiliki kelemahan dan kelebihan, maka dari itu penting untuk mengetahui tujuan membuat pagar tersebut.

Baca juga: 6 Inspirasi Pagar Rumah Minimalis

1. Pagar kayu

Kayu alami adalah bahan yang indah untuk pagar halaman depan, tidak mahal dan salah satu jenis pagar paling populer yang tersedia. Material ini memiliki daya tarik apalagi jika rumah Anda di tepi jalan. Kayu akan menampilkan kesan klasik.

Kelebihan pagar kayu dapat mudah dipasang, namun tidak dapat memberikan keamanan serta privasi yang sempurna.

2. Pagar baja horizontal hitam

Pagar yang memiliki material beton atau baja memiliki tampilan yang elegan dan minimalis. Pagar ini termasuk mudah dirawat dan juga kokoh serta menampilkan gaya yang simpel namun berkelas.

Kelebihan lainnya adalah pagar ini bagus untuk keamanan serta privasi, namun memiliki biaya dua kali lipat dari material lainnya.

Baca juga: 10 Pilihan Tanaman Rambat Untuk Mempercantik Pagar Rumah

3. Pagar besi

Pagar bermaterial besi dapat meniru gaya rumah Eropa atau kondominium kontemporer yang ramping. Pagar baja dengan tiang pagar sempit akan memberikan aksen terbuka di sepanjang halaman depan.

Selain dapat memberikan nilai estetika di dalam suatu ruangan, pagar ini juga menawarkan keamanan serta privasi yang terjaga.

4. Pagar besi dan batu

Jika sudah memiliki fitur batu atau pasangan bata di rumah, Anda bisa meniru desain pagar dengan tekstur tersebut.

Namun meskipun eksterior rumah Anda tidak terbuat dari batu atau bata, Anda dapat mengaplikasikan elemen alam tersebut pada desain pagar halaman depan. Kolom beton dapat dibuat agar terlihat seperti batu berukir dan memberikan kesan klasik yang kokoh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com