Kompas.com - 07/03/2021, 13:18 WIB
Ilustrasi shower, kepala shower. SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINENIlustrasi shower, kepala shower.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada anjuran dalam pekerjaan rumah tangga bahwa Anda sebaiknya tidak menunda pembersihan barang di rumah. Sebab, semakin ditunda, maka akan semakin sulit dibersihkan.

Salah satunya adalah kepala shower di kamar mandi. Menurut Irina Nikiforova, pemilik Rocket Maids, perusahaan pembersihan yang berbasis di Los Angeles, banyak orang menunda membersihkan kepala shower karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya.

Kemudian, seiring waktu, shower menjadi tersumbat oleh endapan, membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan.

Baca juga: Shower dan Bathtub, Mana yang Terbaik untuk Kamar Mandi?

Nikiforova menyarankan untuk membersihkan shower sekali dalam tidak lebih dari setiap enam bulan. Seberapa sering Anda melakukannya sangat tergantung pada seberapa keras airnya, karena air sadah lebih mudah menghasilkan penumpukan mineral.

“Di Los Angeles, misalnya, kami memiliki air yang sangat sadah dan pancuran dasar menjadi tersumbat dalam beberapa bulan,” kata Nikiforova seperti dikutip dari Apartment Therapy, Minggu (7/3/2021).

Cara membersihkan kepala shower

Untuk jenis pembersihan rutin seminggu sekali, Nikiforova menyarankan cukup menyeka seluruh pancuran dengan pembersih serbaguna. Anda pun dapat menggunakan pembersih serbaguna diikuti dengan semprotan semir baja tahan karat untuk kilau ekstra.

Namun, setiap beberapa bulan, Anda perlu melakukan pembersihan yang lebih menyeluruh untuk menghilangkan timbunan mineral dan mencegah kuman dari kepala shower.

Baca juga: Simak, Trik Membersihkan Shower yang Tersumbat

Perlengkapan yang Anda butuhkan adalah kantong plastik, karet gelang, dan beberapa cangkir cuka putih.

Jika Anda memiliki kepala shower biasa yang lebih kecil, maka Nikiforova merekomendasikan hanya mengisi kantong plastik tahan lama seperti misalnya ziplock dengan cuka putih dan menempelkannya ke kepala shower dengan karet gelang. Kemudian, biarkan semalaman dan bersihkan kepala pancuran di pagi hari.

Untuk kepala shower yang lebih besar dan bergaya hujan, lepaskan dan letakkan kepala shower di dalam kantong berisi cuka, biarkan semalaman. Bilas di pagi harinya dengan air ledeng, dan pasang kembali.

Menurut Nikiforova, cuka memiliki kekuatan super yang membersihkan kerak. Namun, berhati-hatilah jika Anda memiliki ubin kamar mandi marmer atau batu alam, sebab hanya beberapa tetes cuka dapat merusaknya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X