Kompas.com - 07/03/2021, 11:21 WIB
Ilustrasi anjing sedang makan. PIXABAY/MATTY COULTONIlustrasi anjing sedang makan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai pemilik anjing, kita tentu ingin hewan peliharaan tumbuh dengan sehat.

Berbagai hal pun kita lakukan seperti mengajaknya bermain, memberikan tempat istirahat yang nyaman dan memerikan makanan yang bergizi.

Namun ada kalanya anjing tak mau makan, atau tak mau menghabiskan makanannya.

Baca juga: Pernah Lihat Anjing Makan Rumput? Ini Penjelasannya

Hal ini tentu akan membuatmu sedih dan khawatir. Sebenarnya, anjing tidak mau makan bukan berarti ia sakit parah, ada beberapa penyebab ringan yang bisa diatasi tanpa bantuan dokter hewan.

Namun, anjing yang tidak mau makan juga bisa mengindikasikan mengidap penyakit tertentu.
“Mungkin ada jutaan penyebab, tetapi yang paling umum adalah hewan peliharaanmu sakit,” kata Lori M Teller, DVM, profesor klinis di Fakultas Kedokteran Hewan dan Ilmu Biomedis Texas A&M University, di College Station, Texas.

Tentu saja, penyakitnya dapat berupa apa saja mulai dari sakit perut ringan hingga sesuatu yang parah, seperti kanker.

Berikut adalah delapan penyebab anjing tidak mau makan, seperi dilansir dari Reader’s Digest, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: Anjing Makan Kotoran Kucing? Ini Kemungkinan Penyebabnya

1. Sakit perut ringan

Anjing mungkin tak mau makan karena merasa mual atau makan sesuatu yang tidak enak.

"Pertanda lain yang mengungkapkan bahwa ini bukanlah masalah yang seriut adalah, anjing akan pulih dan kembali ke nafsu makannya yang normal dengan cepat," jelas Megan E McClosky, DVM, dosen penyakit dalam di Fakultas Kedokteran Hewan University of Pennsylvania.

Namun, jika kamu mencurigai adanya rasa sakit lain yang mungkin dirasakan oleh anjing, ada baiknya kamu menghubungi dokter hewan.

“Anjing memiliki nafsu makan yang cukup baik, jadi jika mereka pilih-pilih makanan, terutama jika itu disertai dengan tanda-tanda kronis, seperti sesekali muntah atau sesekali diare dan tinja yang lunak, biasanya ada masalah saliran pencernaan yang mendasari yang memerlukan perhatian lebih,” jelas McClosky.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X