Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2021, 10:42 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Tingkah laku anjing selalu menarik untuk diperhatikan. Tak jarang tingkah laku sahabat berbulu sangat menggemaskan atau bahkan cenderung lucu dan konyol.

Salah satu tingkah anjing yang selalu tampak menggemaskan adalah ketika anjing memiringkan kepalanya saat melihat hal yang aneh atau menarik.

Mengapa sebenarnya anjing suka memiringkan kepalanya? Adakah manfaat khusus yang didapat jika anjing melakukannya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Menghentikan Gonggongan Anjing Tanpa Berteriak

1. Ini membantu mereka mendengar dengan lebih baik

Dilansir dari Reader’s Digest, Minggu (7/3/2021), telinga anjing sangat sensitif, mampu menangkap frekuensi yang jauh lebih besar daripada manusia.

Indera pendengarannya yang tajam dapat menangkap gelombang yang paling kecil dalam frekuensi, dan posisi kepala mereka membuat perbedaan yang sangat besar.

Jadi, salah satu penjelasan yang paling mungkin untuk menjawab pertanyaan "mengapa anjing suka memiringkan kepalanya” adalah bahwa memiringkan kepala memungkinkan anjing untuk memposisikan pinnae mereka, bagian luar telinga, sehingga dapat menemukan sumber suara dengan lebih baik.

“Beberapa orang berspekulasi bahwa anjing memiringkan kepala mereka untuk mengarahkan lebih baik ke (arah datangnya) suara,” jelas ahli perilaku hewan Dr. Wailani Sung.

Baca juga: Anjing Tidur Mendengkur, Berbahayakah?

Anjing mungkin mencoba mencari tahu apa yang kamu katakan, artinya mereka mungkin mencoba mendengarkan kata-kata yang mereka pahami atau bermakna bagi mereka.

“Mereka mungkin juga memiringkan kepala untuk menilai suara yang mungkin tidak biasa atau baru bagi mereka, mereka ingin tahu,” ujar Dr. Sung.

2. Dapat membantu anjing melihat lebih baik

Stanley Coren, Ph.D, yang menulis di jurnal Psychology Today tentang kemungkinan manfaat visual juga. Moncong anjing berada tepat di bidang penglihatannya.

Meskipun mereka menyesuaikan dan akhirnya belajar untuk tidak menyadarinya, seperti yang dilakukan manusia dengan hidung mereka, kemiringan kepala memungkinkan sudut yang berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com