Kompas.com - 07/03/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi anjing memiringkan kepalanya. PIXABAY/JEREMY8Ilustrasi anjing memiringkan kepalanya.

JAKARTA, KOMPAS.com — Tingkah laku anjing selalu menarik untuk diperhatikan. Tak jarang tingkah laku sahabat berbulu sangat menggemaskan atau bahkan cenderung lucu dan konyol.

Salah satu tingkah anjing yang selalu tampak menggemaskan adalah ketika anjing memiringkan kepalanya saat melihat hal yang aneh atau menarik.

Mengapa sebenarnya anjing suka memiringkan kepalanya? Adakah manfaat khusus yang didapat jika anjing melakukannya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Menghentikan Gonggongan Anjing Tanpa Berteriak

1. Ini membantu mereka mendengar dengan lebih baik

Dilansir dari Reader’s Digest, Minggu (7/3/2021), telinga anjing sangat sensitif, mampu menangkap frekuensi yang jauh lebih besar daripada manusia.

Indera pendengarannya yang tajam dapat menangkap gelombang yang paling kecil dalam frekuensi, dan posisi kepala mereka membuat perbedaan yang sangat besar.

Jadi, salah satu penjelasan yang paling mungkin untuk menjawab pertanyaan "mengapa anjing suka memiringkan kepalanya” adalah bahwa memiringkan kepala memungkinkan anjing untuk memposisikan pinnae mereka, bagian luar telinga, sehingga dapat menemukan sumber suara dengan lebih baik.

“Beberapa orang berspekulasi bahwa anjing memiringkan kepala mereka untuk mengarahkan lebih baik ke (arah datangnya) suara,” jelas ahli perilaku hewan Dr. Wailani Sung.

Baca juga: Anjing Tidur Mendengkur, Berbahayakah?

Anjing mungkin mencoba mencari tahu apa yang kamu katakan, artinya mereka mungkin mencoba mendengarkan kata-kata yang mereka pahami atau bermakna bagi mereka.

“Mereka mungkin juga memiringkan kepala untuk menilai suara yang mungkin tidak biasa atau baru bagi mereka, mereka ingin tahu,” ujar Dr. Sung.

2. Dapat membantu anjing melihat lebih baik

Stanley Coren, Ph.D, yang menulis di jurnal Psychology Today tentang kemungkinan manfaat visual juga. Moncong anjing berada tepat di bidang penglihatannya.

Meskipun mereka menyesuaikan dan akhirnya belajar untuk tidak menyadarinya, seperti yang dilakukan manusia dengan hidung mereka, kemiringan kepala memungkinkan sudut yang berbeda.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X