Kompas.com - 22/01/2021, 13:40 WIB
Ilustrasi shower, kepala shower. SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINENIlustrasi shower, kepala shower.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area paling lembab di dalam rumah, membuat kamar mandi harus dibersihkan secara berkala. Tak hanya membersihkan keramik, namun semua perlengkapan di dalam kamar mandi harus dibersihkan dengan seksama.

Faktanya, kelembaban yang tinggi bisa merusak berbagai benda di dalam kamar mandi, termasuk shower atau pancuran.

Air keran dengan proporsi mineral yang tinggi seperti kalsium dan magnesium di dalamnya, terkadang membuat pancuran tersebut akan tersumbat jika tidak dibersihkan.

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Renovasi Kamar Mandi, Ventilasi hingga Keramik

Dilansir dari Real Simple, Jumat (22/1/2021), pertimbangkan berapa usia pancuran, apakah sudah pernah diganti? Atau berapa banyak orang yang telah menggunakannya? atau berapa kali sudah membersihkan pancuran?

Pertimbangan tersebut merupakan tanda untuk membersihkannya dengan cara berikut ini.

1. Cuka dan kantong plastik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membersihkan pancuran, isi sekantong plastik dengan cuka putih, namun berhati-hati untuk tidak mengisi kantong terlalu penuh, karena bisa meluap saat Anda merendam kepala pancuran.

Kemudian, ikat kantong tersebut melilit hingga ke bagian leher pancuran dan rendam atau biarkan selama beberapa jam.

Baca juga: Jangan Letakkan Benda Ini di Kamar Mandi, Termasuk Sabun Batang

Jika pancuran dalam keadaan sangat kotor, rendam selama semalaman, namun hindari merendam dengan waktu terlalu lama jika pancuran terbuat dari kuningan, atau berlapis nikel. Karena akan merusak lapisan jika direndam lebih dari 30 menit.

Setelah perendaman selesai, lepaskan plastiknya lalu alirkan dengan air panas sebentar untuk menghilangkan endapan mineral yang menempel di kepala pancuran.

Kemudian, gosok dengan sikat gigi bekas jika sisa penumpukan masih ada.

Perhatikan dan fokus untuk membersihkan pada area di sekitar lubang tempat keluar air, kemudian nyalakan kembali air panas untuk membuang sisa residu. Ulangi proses ini hingga tidak terlihat lagi endapan mineral.

Terakhir, seka kepala pancuran dengan kain lembut dan keringkan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.