Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kamar Mandi Kecil Terasa Lebih Besar

Kompas.com - 23/02/2021, 14:12 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merasa tidak nyaman berada di dalam kamar mandi yang kecil? Tentu hal ini sangat mengganggu dan membuatmu mungkin tidak betah berlama-lama di dalamnya.

Kamar mandi sendiri merupakan salah satu ruang penting, yang umumnya selalu hadir di setiap rumah seseorang untuk kegiatan mandi dan buang air.

Apabil kamar mandi di rumahmu kecil, maka jangan buatnya terlihat kecil. Dengan beberapa alternatif atau renovasi, kamu dapat menciptakan ilusi kamar mandi yang lebih besar, tanpa memindahkan satu dinding pun.

Baca juga: 5 Item Wajib di Kamar Mandi Minimalis

Dilansir beberapa sumber, Selasa (23/2/2021), berikut ini beberapa cara untuk membuat kamar mandimu yang kecil terasa lebih besar.

1. Singkirkan yang tak begitu perlu

Tanyakan apa yang benar-benar kamu butuhkan di kamar mandi, itu mungkin kloset, shower, wastafel, atau apapun yang penting menurutmu.

Salah satu hal utama yang harus dilakukan untuk membuat kamar mandi kecil terasa luas adalah melepaskan apapun yang tergeletak di lantai, rak handuk dan lain-lain dan pikirkan cara untuk memasang ini di dinding.

2. Tambahkan kedalaman dengan wallpaper berpola

Ini adalah trik dekorasi yang sederhana namun efektif. Melapisi satu dinding di kamar mandimu dengan wallpaper adalah cara yang bagus untuk membuat ruangan terasa lebih besar.

Baca juga: Ingin Wujudkan Kamar Mandi Nyaman dengan Biaya Murah? Ini Triknya

Ini adalah pilihan yang bagus jika kamar mandimu berbentuk aneh dan kamu hanya memiliki sedikit pekerjaan, karena polanya akan mengalihkan pandangan dari ukuran sebenarnya dari ruangan itu.

3. Pertimbangkan skema warna

Pikirkan baik-baik tentang skema warna jika kamu ingin ruangan kamar mandi kecil terasa lebih besar.
Solusi yang mudah dan efektif adalah skema warna putih yang dihangatkan dengan lantai kayu alami dan perlengkapan hitam yang kuat.

4. Pasang cermin lebih besar

Cermin tidak hanya menambah ilusi lebih banyak ruang di kamar mandi, tetapi juga memantulkan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan.

Apabila kamar mandimu sudah memiliki cermin, pertimbangkan untuk memperbesar ukurannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com