Kompas.com - 07/08/2021, 20:47 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. UNSPLASH/PRINCE ABIDIlustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai identik dengan sensasi pedas yang khas. Sulit membayangkan cabai tidak menjadi pedas kecuali jika Anda seorang pecinta sejati makanan pedas.

Sebenarnya, cabai hadir dalam berbagai tingkat kepedasan, yang diukur pada indeks Scoville. Indeks ini mengukur satuan pedas dan dapat berkisar dari nol hingga 2 juta.

Ada beberapa alasan lingkungan dan varietas yang menyebabkan cabai menjadi pedas atau bahkan tidak pedas sama sekali. Cara mendapatkan cabai pedas beragam untuk kebutuhan dasar ini.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Bibit Tanaman Cabai Menggunakan Garam Dapur

Nah, mengapa cabai yang ditanam sendiri tidak pedas? Berikut penyebab dan solusinya, seperti dikutip dari Gardening Know How, Sabtu (7/8/2021).

Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.SHUTTERSTOCK/KHAN3145 Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.

Berbagai tingkat pedas yang berkembang dalam cabai tergantung pada jumlah capsaicin. Barangkali cabai yang Anda tanam sendiri ternyata tidak pedas mungkin karena Anda memilih varietas yang salah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa jenis tanaman cabai memiliki tingkat kepedasan cukup ringan seperti cabai lonceng, pepperoncini, dan paprika, yang semuanya memiliki indeks Scoville yang rendah. Jalapeno dan habanero, misalnya, bisa memiliki tingkat pedas ringan hingga sedang.

Adapun jenis cabai yang memegang rekor dunia dalam tingkat kepedasannya adalah Trinidad Scorpion, yang mendekati hampir 1,5 juta unit Scoville.

Baca juga: Simak, 7 Cara Menangani Tanaman Cabai yang Kerdil

Penyebab cabai yang ditanam sendiri tidak pedas

Tanaman cabai membutuhkan banyak panas, air, dan sinar matahari. Tanpa adanya salah satu dari kondisi ini, buah cabai tidak akan matang sepenuhnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.