Kompas.com - 03/08/2021, 16:23 WIB
Membersihkan sela-sela lantai kamar mandi. SHUTTERSTOCK/JENN HULSMembersihkan sela-sela lantai kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Air sadah yang mengandung banyak kapur dan mineral lainnya dapat menghasilkan penumpukan kerak.

Masalah kerak ini sering terjadi pada lantai dan nat kamar mandi karena air sering dibiarkan mengering pada permukaan ini. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Noda Putih di Lantai Kamar Mandi

Dilansir dari Home Guides Sfgate, Selasa (3/8/2021), pembersihan rutin menggunakan alat yang tepat adalah cara mudah menghilangkan noda kerak pada lantai dan nat kamar mandi tanpa membuatnya tergores dan rusak.

Nah, berikut ini cara menghilangkaan kerak pada lantai kamar mandi

Baca juga: 3 Pilihan Ubin Lantai Kamar Mandi Antilicin 

Peralatan 

Pembersihan menggunakan bahan keras dapat merusak lantai dan nat kamar mandi. Karena itu, hindari memakai produk pembersih berbahan berat dan sikat kaku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembersih ringan dan spons abrasif dapat bekerja sebaik pembersih keras tanpa merusak permukaan meski memerlukan lebih banyak penggosokan dan minyak siku untuk menghilangkan kerak secara menyeluruh.

Spons abrasif yang ringan mampu menggosok lantai kamar mandi dan nat. Alternatif lain dapat menggunakan sikat gigi bekas dengan bulu lembut untuk masuk serta menggosok nat kamar mandi. 

Baca juga: 5 Pilihan Keramik untuk Lantai Kamar Mandi 

Penghapusan kerak 

Sisik kapur yang khas memiliki penampilan putih berkapur, tetapi tidak mudah mengelupas dari lantai atau nat. Anda dapat menggunakan campuran pasta dari cuka dan baking soda untuk menghasilkan bahan abrasif yang ringan.

Cuka dapat menghilangkan kerak dan baking soda sebagai abrasif untuk menggosok endapan terlepas dari permukaan lantai dan nat kamar mandi.

Oleskan pasta ke seluruh area yang terkena noda sadah dan biarkan selama lima hingga 10 menit. Kemudian, gosok lantai kamar mandi dan nat dengan spons abrasif atau sikat gigi dan bilas dengan air bersih. 

Baca juga: Cara Instan Membersihkan Lantai Kamar Mandi dengan Citric Acid 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.