Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2021, 14:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kayu manis terkenal dengan aromanya yang khas dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan makanan. Di balik hal itu, ternyata kayu manis memiliki manfaat bagi tanaman.

Seperti dilansir dari Balcony Garden Web, Selasa (3/8/2021), kayu manis memiliki banyak manfaat untuk tanaman. Beriku ini ragam manfaat kayu manis untuk tanaman

Baca juga: Intip 6 Manfaat Kayu Manis untuk Tanaman 

Membantu stek tanaman

Gunakan kayu manis untuk menyebarkan stek jika tidak memiliki akses ke hormon akar. Basahi pemotongan air bersih dan gulung dalam bubuk kayu manis sebelum ditanam.

Hal ini dapat mencegah penyakit dan infeksi selama proses pemotongan. Selain itu, kayu manis juga dapat digunakan untuk mencangkok tanaman. 

Baca juga: Manfaat Kayu Manis, Cegah Hama hingga Merangsang Pertumbuhan Tanaman 

Mencegah serangga 

Minyak kayu manis populer mencegah serangga terbang seperti nyamuk. Khasiat ini dapat Anda gunakan untuk menyingkirkan serangga lainnya di kebun. 

Jika ingin menyingkirkan semut dari kebun, gunakan kayu manis. Taburkan kayu manis di atas jejak semut atau di tempat yang tidak diinginkan semut.

Semut membenci bau kayu manis dan akan mulai menghindari tempat-tempat yang ditaburkan bubuk kayu manis. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Kayu Manis dalam Kegiatan Berkebun Tanaman 

Melindungi bibit dari penyakit 

Beberapa jamur dan penyakit lainnya dapat menyebabkan bibit menjadi mati. Untuk melindungi bibit dari berbagai penyakit, taburkan bubuk kayu manis pada tanah tanaman.  

Mengatasi jamur 

Selanjutnya, manfaat kayu manis untuk tanaman adalah mengatasi penyakit jamur. Campurkan beberapa kayu manis ke dalam air hangat dan biarkan meresap semalaman.

Setelah itu, saring air dan kayu manis, lalu masukkan ke botol semprot, dan semprotkan pada tanaman. 

Baca juga: Kayu Manis Bagus untuk Kesehatan Tanaman, Ini Cara Menggunakannya 

Menyembuhkan luka tanaman 

Kayu manis sangat bagus untuk tanaman yang menderita luka karena serangan hama dan penyebab lainnya. Taburkan kayu manis pada bagian tanaman yang mengalami masalah untuk membantu mempercepat penyembuhan. 

Menghilangkan penyakit karat 

Karat juga merupakan masalah infeksi jamur yang umum dialami tanaman kebun seperti calendula. Karat menyebar dengan cepat dan mempengaruhi semua bagian tanaman.

Anda dapat menghilangkan karat dengan menaburkan bubuk kayu manis ke tanah saat menanam tanaman. 

Baca juga: Simak, 6 Manfaat Kayu Manis untuk Tanaman Hias di Rumah 

Gunakan pada tanaman dalam ruangan 

Selain tanaman luar ruangan, manfaat kayu manis juga dapat dirasakan tanaman hias dalam ruangan atau indoor. Anda dapat menggunakannya pada rumah kaca untuk membunuh lalat putih, tungau laba-laba, dan hama lainnya.

Cukup taburkan bubuk kayu manis di sekitar tanaman dan area yang terkena. Ini akan membantu menyingkirkan hama dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com