Kompas.com - 31/03/2021, 15:54 WIB
Ilustrasi kayu manis. PIXABAY/KAREN_ESCOBAR84Ilustrasi kayu manis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya sebagai penambah rasa untuk berbagai hidangan, namun kayu manis juga memiliki manfaat untuk tanaman.

Seperti yang dilansir dari Gardening Know How, Rabu (31/3/2021), bumbu serbaguna ini dapat digunakan untuk membantu stek akar, mencegah jamur membunuh bibit kecil, dan menjauhkan hama dari tanaman.

Sehingga, dengan menggunakan kayu manis, Anda tidak memerlukan menggunakan bahan kimia lagi untuk mengatasi masalah pada tanaman.

Baca juga: Ketahui Manfaat Kayu Manis dalam Kegiatan Berkebun Tanaman

Jika Anda memiliki masalah dengan semut di tanaman Anda atau di dalam rumah, letakkan bubuk kayu manis di sekitar jalan yang dilalui oleh semut. Selain itu, jika ada hama yang menganggu tanaman, taburkan bubuknya di sekitar tanaman Anda.

Hama tidak menyukai aroma kayu manis yang pekat sehingga tidak akan menganggu tanaman Anda.

Selain itu, kayu manis dapat berfungsi sebagai zat perakaran atau bubuk perakaran hormon. Aplikasikan pada batang tanaman saat menanam tanaman menggunakan cara stek.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kayu manis akan merangsang pertumbuhan akar di hampir semua varietas tanaman.

Baca juga: Kayu Manis Bagus untuk Kesehatan Tanaman, Ini Cara Menggunakannya

Merangsang pertumbuhan tanaman stek

Dengan menggunakan bubuk kayu manis ini, tanaman stek akan lebih bertumbuh dengan cepat. Untuk pengaplikasiannya, tuangkan satu sendok penuh kayu manis di atas tisu dapur dan gulung ujung batang yang basah dengan kayu manis tersebut.

Tanam batang di tanah pot segar. Kayu manis akan mendorong batang untuk menghasilkan lebih banyak batang, sekaligus membantu mencegah jamur penyebab penyakit redaman.

Penyakit redaman adalah masalah berbasis jamur yang menyerang bibit kecil saat mereka mulai tumbuh.

Kayu manis akan membantu mencegah masalah ini dengan membunuh jamur. Ini juga bekerja dengan masalah jamur lain yang dialami pada tanaman yang lebih tua, seperti jamur lendir.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X