Kompas.com - 27/02/2021, 08:05 WIB
Ilustrasi kayu manis. PIXABAY/STEVE BUISSINNEIlustrasi kayu manis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kesehatan tanaman tidak hanya dengan menyirami dan memberi pupuk secara teratur. Ada bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk melindungi kesehatan tanaman hias Anda.

Salah satunya adalah kayu manis. Kayu manis bukan hanya bahan untuk membuat kue dan hidangan lainnya menjadi sedap, namun juga berguna untuk tanaman hias.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (27/2/2021), kayu manis dapat digunakan untuk membantu stek akar, mencegah jamur membunuh bibit kecil, dan bahkan menjauhkan hama.

Baca juga: Kulit Pisang Bisa untuk Membersihkan Daun Tanaman, Begini Caranya

Berikut beberapa manfaat kayu manis di rumah dan kesehatan tanaman Anda.

1. Membasmi hama

Jika Anda memiliki masalah dengan semut di rumah atau pekarangan, kayu manis adalah pencegah yang baik. Semut tidak suka berjalan di tempat bubuk kayu manis berada, sehingga masalah semut musim panas akan berkurang.

Gunakan kayu manis untuk hama di dalam dan di luar rumah. Temukan jalan masuk mereka dan taburkan bubuk kayu manis di jalan setapak.

Kayu manis tidak akan membunuh semut di rumah, tetapi akan membantu mencegahnya masuk. Jika Anda bermasalah dengan semut di kotak pasir kucing atau anjing, campurkan satu wadah bubuk kayu manis dengan pasir, aduk rata. Semut akan menjauhi pasir.

Baca juga: Cara Membasmi Semut Secara Alami

2. Membuat akar tanaman lebih kuat

Kayu manis sebagai zat perakaran sama bermanfaatnya dengan bubuk perakaran hormon. Aplikasikan bubuk kayu manis pada batang saat Anda melakukan stek akan merangsang pertumbuhan akar di hampir semua varietas tanaman.

Berikan stek Anda awal yang cepat dengan bantuan bubuk kayu manis. Tuang sesendok ke atas tisu dapur dan gulung ujung batang yang basah ke dalam kayu manis.

Tanam batang di tanah pot segar. Kayu manis akan mendorong batang untuk menghasilkan lebih banyak batang, sekaligus membantu mencegah jamur penyebab penyakit redaman.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X