Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Harus Membersihkan Oven? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 26/02/2021, 18:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang belum berakhir hingga saat ini membuat banyak orang menggeluti hobi, baik hobi lama maupun hobi baru. Salah satunya adalah membuat kue.

Oven adalah salah satu peralatan dapur yang banyak dicari saat masa pandemi. Peralatan memasak ini mempermudah Anda membuat kue maupun memanggang hidangan lainnya.

Karena sering digunakan, tetesan makanan yang menumpuk pada bagian dasar oven dan menyelinap melalui rak akan mengerak. Adapun lapisan lemak licin pada kaca oven menghalangi pandangan Anda untuk mengintip makanan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Oven Listrik Terbaik 2021, Harga Rp 1 Juta Kurang

Oleh sebab itu, oven harus dibersihkan secara rutin. Namun, bagaimana sebenarnya cara membersihkan oven?

Dilansir dari Real Simple, Jumat (26/2/2021), membersihkan oven sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Hal pertama yang harus diketahui adalah seberapa sering harus membersihkan oven.

Seberapa sering oven harus dibersihkan?

Kebersihan oven berjalan beriringan dengan perawatannya. Semakin Anda merawat oven, maka semakin mudah dibersihkan.

Selain lebih mudah saat pembersihan rutin, oven yang bersih juga menghasilkan makanan yang lebih enak dan lebih sedikit kuman.

Baca juga: 4 Tanda Oven Listrik Rusak

Paul Bristow, direktur eksekutif GE Appliances, merekomendasikan untuk membersihkan oven Anda setidaknya setiap tiga sampai enam bulan, atau lebih sering jika diperlukan.

Membersihkan oven dengan bahan alami

Jika Anda ingin membersihkan oven tanpa menggunakan produk pembersih oven, Anda bisa membuat pembersih alami buatan sendiri dengan menggunakan baking soda, cuka, dan air.

“Pembersih oven rumahan yang bagus adalah kombinasi dari baking soda dan air. Baking soda bertindak sebagai abrasif dan air melembutkan minyak yang dipanggang dan mengencerkan partikel makanan," kata Jessica Samson, juru bicara The Maids.

“Buat pasta dan oleskan banyak-banyak pada permukaan interior oven dan tunggu (setidaknya) 20 menit (idealnya lebih lama) untuk memecah sisa makanan yang terbakar," imbuh dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com