Kompas.com - 25/02/2021, 20:24 WIB
Ilustrasi kulit pisang. Dok. Shutterstock/ JamesiezIlustrasi kulit pisang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kesehatan tanaman hias kesayangan Anda bukan hanya berupa menyiram dan memberi pupuk secara teratur. Anda juga harus memperhatikan kebersihan daun tanaman.

Jika dibiarkan tanpa pengawasan, daun tanaman hias di rumah Anda akan tertutup debu, kotoran, atau bulu hewan peliharaan yang terperangkap.

Menurut ahli hortikultura Dr Dave Williams seperti dikutip dari Home Guides SF Gate, Kamis (25/2/2021), tanaman hias di dalam ruangan atau tanaman hias indoor yang tertutup debu tidak mampu menyerap sinar matahari secara efektif. Ini akan menghambat kemampuan fotosintesisnya untuk menciptakan energi.

Baca juga: 7 Bahan yang Bisa Membersihkan Rumah, Mentimun hingga Kulit Pisang

Alih-alih meningkatkan pertumbuhan jamur dengan menyemprot daun tanaman dengan air, ciptakan cahaya yang sehat dengan menyekanya dengan kulit pisang.

Ya, kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan daun tanaman hias indoor Anda. Bagaimana caranya? Simak paparannya berikut ini.

Langkah pertama, ambil sehelai kulit dari satu pisang. Jika Anda memiliki beberapa tanaman hias hingga menjadi debu, pertimbangkan untuk memanfaatkan kulit dari beberapa pisang matang.

Kemudian, seka setiap daun tanaman hias Anda. Seka pada kedua sisinya dengan dinding bagian dalam kulit pisang.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Kulit Pisang Sebagai Pupuk Tanaman

Selain menghilangkan kotoran, kulit pisang juga memiliki bau yang harum dan bersih. Setelah kulit pisang terlapisi debu dan kotoran, buang dan ambil yang lain.

Ulangi menghilangkan kotoran, debu, atau bulu hewan dari kedua sisi daun tanaman rumah Anda setidaknya sekali seminggu.

Jika rumah Anda cenderung berdebu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyeka daun tanaman dengan kulit pisang beberapa kali setiap minggu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X