Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kayu Manis Bagus untuk Kesehatan Tanaman, Ini Cara Menggunakannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kesehatan tanaman tidak hanya dengan menyirami dan memberi pupuk secara teratur. Ada bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk melindungi kesehatan tanaman hias Anda.

Salah satunya adalah kayu manis. Kayu manis bukan hanya bahan untuk membuat kue dan hidangan lainnya menjadi sedap, namun juga berguna untuk tanaman hias.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (27/2/2021), kayu manis dapat digunakan untuk membantu stek akar, mencegah jamur membunuh bibit kecil, dan bahkan menjauhkan hama.

Berikut beberapa manfaat kayu manis di rumah dan kesehatan tanaman Anda.

1. Membasmi hama

Jika Anda memiliki masalah dengan semut di rumah atau pekarangan, kayu manis adalah pencegah yang baik. Semut tidak suka berjalan di tempat bubuk kayu manis berada, sehingga masalah semut musim panas akan berkurang.

Gunakan kayu manis untuk hama di dalam dan di luar rumah. Temukan jalan masuk mereka dan taburkan bubuk kayu manis di jalan setapak.

Kayu manis tidak akan membunuh semut di rumah, tetapi akan membantu mencegahnya masuk. Jika Anda bermasalah dengan semut di kotak pasir kucing atau anjing, campurkan satu wadah bubuk kayu manis dengan pasir, aduk rata. Semut akan menjauhi pasir.

2. Membuat akar tanaman lebih kuat

Kayu manis sebagai zat perakaran sama bermanfaatnya dengan bubuk perakaran hormon. Aplikasikan bubuk kayu manis pada batang saat Anda melakukan stek akan merangsang pertumbuhan akar di hampir semua varietas tanaman.

Berikan stek Anda awal yang cepat dengan bantuan bubuk kayu manis. Tuang sesendok ke atas tisu dapur dan gulung ujung batang yang basah ke dalam kayu manis.

Tanam batang di tanah pot segar. Kayu manis akan mendorong batang untuk menghasilkan lebih banyak batang, sekaligus membantu mencegah jamur penyebab penyakit redaman.


3. Mengendalikan jamur

Jamur seringkali menyerang bibit tanaman saat mulai tumbuh. Kayu manis akan membantu mencegah masalah ini dengan membunuh jamur.

Kayuh manis juga mampu menangani masalah jamur pada tanaman yang lebih tua, seperti jamur lendir.

Caranya adalah dengan membuat semprotan air kayu manis untuk tanaman. Aduk kayu manis ke dalam air hangat dan biarkan terendam semalaman.

Saring cairan melalui penyaring kopi dan masukkan hasilnya ke dalam botol semprot. Semprotkan batang dan daun tanaman yang terserang, dan semprotkan tanah pot pada tanaman yang memiliki masalah jamur.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/27/080500076/kayu-manis-bagus-untuk-kesehatan-tanaman-ini-cara-menggunakannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke