Kompas.com - 26/02/2021, 20:10 WIB
Ilustrasi kulkas. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat terlalu sibuk atau tidak fokus, sering kali seseorang lupa untuk menutup pintu kulkas, ketika mereka selesai mengambil sesuatu di dalamnya.

Apabila hal ini terjadi padamu, wajar saja kamu harus khawatir tentang apa yang mungkin terjadi jika membiarkan pintu kulkas terbuka, dan kamu dan penghuni rumah yang lain tidak menyadari hal itu.

Pada artikel ini, kita akan mencaritahu kemungkinan hal-hal yang akan terjadi jika pintu kulkas dibiarkan terbuka selama beberapa jam, dilansir dari beberapa sumber, Jumat, (26/2/2021).

Baca juga: 5 Pilihan Kulkas Premium Terbaik dari Berbagai Merek

1. Lembab

Ketika pintu kulkas dibiarkan terbuka dan tidak dijaga, maka udara yang berasal dari luar yang hangat akan bercampur dengan udara sejuk dari kulkas, akibatnya seluruh kulkas akan lembap, dan semua yang ada di kulkas akan basah.

2. Bahan makanan di dalam kulkas akan mulai menjadi hangat dan pembusukan makanan dimulai

Alasan mengapa seseorang menggunakan kulkas adalah untuk mencegah pembusukan dari makanan. Membiarkan kulkas terbuka beberapa saat, suhu akan mulai meningkat dan akibatnya makanan akan mulai menjadi hangat.

Untungnya jika kulkas disetel ke suhu yang tepat dan cukup dingin, sebagian besar makanan tidak akan rusak, seperti susu, roti, buah-buahan, dan sayuran tidak akan rusak.

Namun, beberapa makanan sangat sensitif dan penting untuk memeriksanya sebelum kamu mengonsumsinya, apa pun yang tergolong krim memiliki tingkat toleransi yang lebih pendek, dan cepat rusak.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kulkas Tidak Dingin Lagi

Bergantung pada berapa lama kamu membiarkan kulkas terbuka, kamu perlu untuk memeriksa setiap item bahan makanan sebelum kamu mengonsumsinya.

3. Membuat kulkas memakan listrik lebih besar

Karena sifat dari cara kerjanya, saat pintu kulkas terbuka, maka kompresor kulkas akan mulai bekerja terus menerus karena sensor di kulkas akan sulit mencapai suhu dingin untuk melambat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X