Kompas.com - 26/02/2021, 17:29 WIB
Ilustrasi kucing. SHUTTERSTOCK/THANONGSAK KONGTONG Ilustrasi kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua kucing mengeluarkan suara mulai dari mengeong dan mendengkur hingga menggeram dan mendesis.

Biasanya, kucing rumahan mengeluarkan lebih banyak suara daripada karnivora lainnya.

Dilansir dari Treehugger, Jumat (26/2/2021), kucing mengeluarkan suara sebagai bentuk sapaan dan untuk mencari perhatian.

 

Baca juga: Minyak Ikan Bagus untuk Kucing? Ini Penjelasannya

Mereka juga bersuara untuk mengekspresikan kebahagiaan, penghargaan, ketakutan, rasa sakit, dan agresi. Anak kucing biasanya lebih komunikatif daripada kucing yang lebih tua, dan kucing domestik biasanya lebih vokal daripada kucing liar.

Beberapa ras lebih mungkin untuk "berbicara" daripada yang lain, termasuk kucing Siam dan Burma. Tetapi apa yang terdengar kucing dan bagaimana vokal itu bervariasi dari kucing ke kucing.

Kucing berkomunikasi dengan mengeong, mendesis, mendengkur, , dan menggeram, tetapi meong adalah yang paling umum. Berikut adalah beberapa suara kucing yang paling umum dan artinya.

Mendengkur

Kucing belajar mendengkur sejak masih sebagai anak kucing. Ini adalah perilaku yang pertama kali diamati saat mereka menyusui dari ibunya.

Baca juga: Kapan Harus Memberi Makan Kucing? Ini Penjelasannya

Saat mereka tumbuh, beberapa kucing juga mendengkur untuk meminta makanan dari pemiliknya. Sebagai manusia, kita sering berasumsi bahwa kucing mengeluarkan suara yang menenangkan dan artinya mereka berbahagia, tetapi kucing juga mendengkur saat merasa takut atau terancam, dan sebagai bentuk penyembuhan diri.

Mendengkur adalah suara yang dibuat kucing dengan mulut tertutup.

Saat kucing mendengkur untuk meminta makanan, dengkuran tersebut sering kali disertai dengan suara lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa manusia sering menganggap dengkuran ajakan ini mendesak atau kurang menyenangkan dibandingkan dengkuran lainnya.

Halaman:


Sumber Treehugger
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X