Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pilihan Keramik Lantai Kamar Mandi yang Antilicin

Kompas.com - 12/08/2021, 13:40 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan ruangan yang cukup berisiko membuat seseorang terjatuh, terlebih bila keramik yang digunakan licin.

Karena itu, pemilihan keramik lantai kamar mandi perlu diperhatikan betul agar tidak terasa licin saat diinjak meski dalam kondisi basah. 

Jika berencana membuat kamar mandi atau mengganti lantai kamar mandi, ada beberapa pilihan lantai yang cocok untuk kamar mandi. 

Dikutip dari kanal YouTube Indo Proyek TV, Kamis (12/8/2021), berikut ini lima jenis keramik lantai kamar mandi antilicin.

Baca juga: 5 Tanda Lantai Kamar Mandi Harus Diganti

Keramik batu alam

Keramik batu alam adalah salah satu pilihan terbaik untuk lantai kamar mandi yang antilicin. Batu alam memiliki material yang tahan lama dan estetis yang amakan untuk kamar mandi. 

Untuk kamar mandi, kamu bisa membeli batu yang bertekstur alami atau mengonstruksi batu dengan sandblasting

Baca juga: 3 Pilihan Ubin Lantai Kamar Mandi Antilicin

Sandblasting merupakan proses pembersihan permukaan dengan cara menembakan partikel (pasir) ke permukaan material sehingga menimbulkan gesekan atau tumbukan. 

Soal harga, keramik batu alam terbilang cukup mahal, tapi harga ini sebanding dengan manfaat yang diperoleh.

Baca juga: 8 Penyebab Lantai Keramik Terangkat dan Pecah

Keramik koral

Memiliki tekstur kasar dan kesat membuat keramik koral tidak mudah licin. Keramik koral memiliki pilihan warna terang yang bisa membuat kesan kamar mandi menjadi lebih cerah.

Untuk membuat kamar mandi lebih atraktif, kamu bisa memadukannya dengan beragam keramik batu koral dengan corak warna dan tekstur berbeda.

Untuk urusan harga, keramik koral masih lebih terjangkau dari harga keramik batu alam sehingga cocok untuk kamu yang memiliki dana terbatas. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Noda Putih di Lantai Kamar Mandi

Keramik lantai heksagonal

Dengan permukaan yang bertekstur, motif heksagonal menjadi salah satu keramik lantai kamar mandi yang tidak licin.

Selain kamar mandi, keramik ini sangat cocok digunakan pada desain ruangan minimalis. Keunggulan lain, keramik heksagonal mudah dibersihkan. 

Baca juga: 5 Pilihan Keramik untuk Lantai Kamar Mandi

Keramik moroccan

Banyak orang menyebut bahwa keramik moroccan ini sebagai motif Maroko. Keramik moroccan adalah jenis keramik antilicin yang cocok diaplikasikan di berbagai jenis kamar mandi karena motifnya yang unik.

Motif dari keramik moroccan membuat kamar mandi menjadi terlihat eksotis dan elegan, terlebih bila memilih warna yang cerah. Namun, kamu juga bisa memilih warna gelap supaya tidak gampang kotor. 

Baca juga: 5 Jenis Keramik untuk Lantai Kamar Mandi yang Antilicin 

Keramik stamford

Keramik satu ini sangat unik karena memiliki motif berbeda pada setiap bloknya. Selain memiliki tampilan yang cantik, lantai kamar mandi berjenis stamford juga tergolong antilicin.

Keramik stamford memiliki yang cukup kasar dan tekstur menonjol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com