Kompas.com - 26/07/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi keramik
shutterstockIlustrasi keramik

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai keramik yang terangkat dan pecah merupakan sebuah masalah yang bisa terjadi pada rumah mana pun.

Selain kualitas keramik yang buruk, ada beragam hal yang membuat lantai keramik terangkat hingga pecah. 

Dikutip dari beberapa sumber, Senin (27/7/2021), berikut ini berbagai penyebab lantai keramik terangkat dan pecah

Baca juga: 4 Trik Mudah Menghilangkan Noda Cat yang Menempel di Lantai Keramik 

Kualitas adukan semen dan pasir kurang bagus

Jika kualitas adukan semen dan pasir yang berfungsi mengeratkan lantai tidak atau kurang bagus, hal itu mempengaruhi keramik terangkat atau menggelembung, yang pada akhirnya retak dan pecah. 

 

Keramik tidak direndam sebelum dipasang

Keramik yang akan dipasang ke permukaan lantai perlu direndam dengan air terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar semen yang melapisi permukaan bawah keramik bisa lebih mudah menempel dengan erat.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Tips Memilih Keramik untuk Lantai dan Dinding Dapur

 

Perubahan temperatur tanah

Keramik dan granit yang dipasang di lantai bisa terangkat, retak, pecah, bahkan sampai meledak akibat adanya perubahan temperatur tanah yang menjadi panas.

Peristiwa ini umumnya terjadi saat musim panas berlangsung. Meningkatnya temperatur tanah bisa membuat lantai keramik memuai dan terangkat. Proses pemuaian bisa semakin cepat terjadi apabila keramik yang digunakan adalah kualitas buruk. 

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Membersihkan Nat Keramik yang Kotor

Kualitas keramik buruk

Keramik dan granit dengan kualitas buruk memiliki ketahanan yang buruk juga. Hal ini juga bisa menyebabkan lantai keramik retak, pecah, bahkan meledak akibat ketahanan yang tidak bagus.

Masuknya udara melalui garis nat

Masuknya udara melalui garis nat yang tidak tertutup rapat bisa membuat air atau udara mengikis lapisan semen di bawah permukaan keramik secara perlahan.

Garis nat adalah garis celah antarkeramik yang ada di lantai maupun dinding, yang menghasilkan garis-garis kotak di pinggiran keramik. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Semen yang Menempel di Keramik

Lantai pernah terendam banjir

Lantai rumah yang pernah terendam banjir juga turut mempengaruhi lantai keramik menjadi terangkat.

Sisa air banjir yang merembes melalui sela-sela keramik membuat turunnya permukaan tanah di bawah keramik sehingga semen perekatnya lepas dan membuat lantai keramik terangkat. 

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Dapat Membersihkan Lantai Dapur

Terdapat rongga di bawah keramik

Jika di bawah keramik terdapat rongga, lama-kelamaan hal ini dapat membuat lantai keramik terangkat dan pecah. Adanya rongga d bawah keramik disebabkan pemasangan yang tidak tepat.  

Beban berlebih

Adanya beban berlebih yang diletakkan di atas permukaan keramik dalam kurun waktu yang lama turut mempengaruhi lantai keramik terangkat dan pecah.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.