Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2021, 11:25 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia bangunan, nat merupakan material penting untuk mengisi celah antarkeramik di lantai maupun dinding sehingga menghasilkan garis-garis kotak yang membatasi keramik.

Namun, seiring berjalannya waktu, paparan berbagai kotoran dan air bisa membuat nat keramik menjadi kotor, bahkan lama-kelamaan menghitam. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Semen yang Menempel di Keramik

Akibatnya, tampilan nat keramik menjadi tampak kurang menarik untuk dilihat. Untuk itu, sama dengan keramik, nat keramik juga harus rutin dibersihkan agar menghindari kotor serta kusam. 

Dilansir dari beberapa sumber, Minggu (11/7/2021), berikut ini bahan-bahan untuk membersihkan nat keramik yang kotor. 

Baca juga: Gunakan Bahan Ini untuk Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi

Cuka

Kandungan asam pada cuka bisa menjadi agen pembersih untuk membersihkan nat keramik yang kotor.

Cukup tuangkan beberapa tetes cuka ke nat keramik yang kotor, lalu segera gosok menggunakan sikat gigi sampai terlihat bersih.

Setelah kembali bersih, bilas nat keramik dengan air larutan pewangi lantai demi menghilangkan bau cuka yang menempel. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Jamur pada Nat Keramik Kamar Mandi

Baking Soda 

Baking soda atau soda kue juga bisa membersihkan nat keramik yang kotor. Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air, lalu aduk sampai menjadi pasta.

Setelah itu, oleskan pasta soda kue ke nat keramik dan diamkan selama dua jam sebelum dibersihkan. Selanjutnya, bersihkan nat keramik menggunakan air bersih. 

Baca juga: Cara Mudah dan Murah Membersihkan Nat Keramik, Pakai Apa?

Pemutih pakaian

Pemutih pakaian berguna mencerahkan kembali nat keramik yang kotor. Caranya, cukup tuangkan pemutih ke tisu, lalu seka ke nat keramik yang kotor.

Selanjutnya sikat nat keramik menggunakan sikat gigi sampai bersih. Setelah selesai, kamu bisa membilas nat keramik yang sudah dibersihkan menggunakan air. 

Baca juga: 5 Pilihan Keramik untuk Lantai Kamar Mandi

Batu asah

Mungkin ini cara paling sederhana dalam membersihkan nat keramik yang kotor. Cukup siapkan batu asah yang digunakan untuk menajamkan pisau.

Gunakan permukaan halus batu asah, lalu gosokkan sisi kiri atau kanan permukaan halus batu asah ke nat keramik yang kotor.

Saat digosokkan batu asah, nat keramik yang kotor bisa menjadi putih kembali. Setelah bersih, lap nat keramik dan keramik dengan kain bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com