Kompas.com - 11/07/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi nyamuk Anopheles, penyebab penyakit malaria SHUTTERSTOCK/SOMBOON BUNPROYIlustrasi nyamuk Anopheles, penyebab penyakit malaria

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk merupakan salah satu hama paling mengganggu dan mematikan di dunia.

Meski berukuran kecil, serangga ini dapat menyebarkan berbagai penyakit berbahaya saat berpindah dari orang ke orang seperti demam berdarah, malaria, dan virus Zika.

Keberadaan nyamuk di dalam rumah mudah ditemukan, terlebih saat musim kemarau atau panas. Nyamuk biasanya muncul serta menyukai area yang kotor, gelap, dan terdapat genangan air. 

Baca juga: Cara Membuat Semprotan Pengusir Nyamuk dari Bahan Alami

Bahkan nyamuk tertarik pada karbon dioksida, asam laktat, dan oktenol yang ditemukan dalam napas dan keringat manusia. Untuk itu, penting menjaga kebersihan rumah demi membasmi nyamuk dari rumah.

Namun, di balik merugikan dan bahaya nyamuk, serangga dari ordo Diptera ini memiliki banyak fakta unik yang jarang diketahui orang. Apa saja?

Melansir dari laman Cleveland, Minggu (11/7/2021), berikut ini 10 fakta unik nyamuk yang penting diketahui. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Selain Serai, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah

Berusia 210 juta tahun

Nyamuk sudah ada sejak zaman Jurassic. Hal ini berarti membuat nyamuk sudah berusia sekitar 210 juta tahun. Jurassic adalah suatu periode waktu pada masa prasejarah yang terjadi ratusan juta tahun silam.

Hanya beberapa yang mengisap darah manusia

Nyamuk memiliki lebih dari 3.000 spesies, tetapi hanya beberapa ratus spesies yang mengisap darah manusia.

Sekitar 175 jenis dari nyamuk ditemukan di Amerika Serikat dengan Anopheles quadrimaculatus, Culex pipiens, Aedes aegypti, dan Aedes albopictus di antara yang paling umum.

Anopheles adalah pembawa malaria dan tiga lainnya diketahui menyebarkan berbagai bentuk ensefalitis. Virus Zika terutama disebarkan nyamuk Aedes aegypti. 

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Kamar Tidur dengan Serai

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.