Kompas.com - 02/07/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi nyamuk Anopheles, penyebab penyakit malaria SHUTTERSTOCK/SOMBOON BUNPROYIlustrasi nyamuk Anopheles, penyebab penyakit malaria

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan nyamuk di dalam rumah tak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga dapat menimbulkan penyakit, salah satunya demam berdarah.

Untuk mencegah gigitan nyamuk, ada berbagai produk pengusir nyamuk yang bisa digunakan. Sayangnya, produk tersebut mengandung bahan kimia. 

Baca juga: Selain Serai, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah

Melansir dari Better Homes & Garden, Jumat (2/7/2021), sebenarnya Anda bisa membuat produk pengusir nyamuk menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak esensial yang tidak disukai nyamuk.

Nah, berikut ini bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membuat semportan pengusir nyamuk.  

Semprotan lavender dan vanila 

Jika bosan menggunakan aerosol yang berbau tidak sedap, semprotan nyamuk dari bahan alami dapat menjadi alternatif pengusir nyaman yang sangat baik.  

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Kamar Tidur dengan Serai

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda bisa membuatnya dari lavender dan vanila. Aroma lavender dan vanila yang menyenangkan dapat mengusir nyamuk dari rumah. 

Untuk membuatnya, tambahkan 15 tetes minyak lavender ke dalam botol semprot kosong. Kemudian, tambahkan tiga sendok makan ekstrak vanila dan dua peras buah lemon.

Tutup botol dengan air suling dan kencangkan tutupnya. Kocok botol tertutup untuk mencampur isinya sebelum digunakan. 

Baca juga: Ragam Hal yang Membuat Anda Sering Digigit Nyamuk di Rumah 

Semprotan cuka sari apel dan minyak cengkih 

Bahan alami pengusir nyamuk selanjutnya adalah cuka sari apel dan minyak cengkih. Aroma kuat dari kedua bahan tersebut dapat membasmi nyamuk di rumah

Cara membuatnya, campurkan satu cangkir air dan satu cangkir cuka sari apel ke dalam botol semprot kosong. Kemudian, tambahkan 20 tetes minyak esensial cengkih dankocok hingga semua bahan tercampur.

Setelah itu, semprotkan larutan bahan alami tersebut ke area rumah yang biasa nyamuk muncul. 

Baca juga: Cegah Demam Berdarah, Ini Cara Membasmi Nyamuk di Taman Rumah

Minyak kelapa

Selain bagus untuk kulit, minyak kelapa juga bahan alami pengusir nyamuk. Untuk memanfaatkannya, tambahkan empat sendok makan minyak kelapa ke dalam stoples, kemudian tambahkan lima tetes minyak peppermint, dan aduk keduanya sampai halus seperti pelembap atau lotion tangan dan bibir.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke kulit untuk mengusir nyamuk. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.