Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Hewan Peliharaan Kekurangan Berat Badan dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 11/07/2021, 10:05 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pet First

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekhawatiran umum yang dihadapi banyak pemilik hewan peliharaan adalah mengenai berat badan hewan kesayangan mereka.

Bagi anjing atau kucing, kekurangan berat badan bisa sama berbahayanya dengan kelebihan berat badan. Lantas, apakah hewan peliharaanmu memiliki berat badan yang sehat atau ideal? 

Melansir Pet First, Minggu (11/7/2021), ada sejumlah penyebab hewan peliharaan kekurangan berat badan. Selain itu, beberapa cara mengetahui kekurangan berat badan pada hewan peliharaan dan strategi aman yang dapat dilakukan untuk membantu menambah berat badan. 

Baca juga: Benarkah Hewan Peliharaan Dapat Tertular dan Menyebarkan Covid-19?

Cara Mengetahui Hewan Peliharaan Kekurangan Berat Badan

Terkadang, kamu dapat mengetahui kekurangan berat badan pada hewan peliharaan hanya dengan melihatnya.

Ketika kekurangan berat badan, tulang rusuk hewan biasanya akan menonjol atau bulunya terlihat kusam dan tidak mengilap. Hewan peliharaan yang kekurangan berat badan juga tidak tertarik dengan makanannya. 

Baca juga: 6 Cara Tetap Produktif Saat WFH Bersama Hewan Peliharaan

Namun, masih banyak orang yang tidak menyadari kalau hewan peliharaannya kekurangan berat badan. Karena itu, penting untuk menjadwalkan pemeriksaan rutin ke dokter hewan.

Hal ini berguna mengetahui apakah hewan peliharaan memiliki berat badan yang sehat atau tidak beserta apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai berat badan ideal. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Rumah Lebih Ramah Hewan Peliharaan

Penyebab Hewan Peliharaan Kekurangan Berat Badan

Kekurangan berat badan sering kali merupakan pertanda masalah kesehatan, entah itu ringan maupun berat. Misalnya, penyakit diabetes bisa menyebabkan hewan peliharaan kehilangan berat badan.

Selain itu, sakit gigi juga dapat menjadi penyebab hewan peliharaan kekurangan berat badan  karena hal ini membuat hewan sulit, bahkan tidak bisa makan.

Baca juga: Tips Mencegah Kegemukan Pada Hewan Peliharaan

Bahkan, seiring bertambahnya usia, anjing dan kucing biasanya kehilangan sedikit berat badan dan massa otot menurun. Penyebab lain, kurangnya asupan nutrisi, baik disengaja atau tidak sengaja serta kehilangan nafsu makan. 

Namun, jika dokter hewan tidak dapat menemukan sesuatu yang salah secara fisik pada hewan peliharaan, nafsu makan yang rendah mungkin menjadi masalah utama.  

Baca juga: 8 Cara Menjaga Rumah Tetap Aman untuk Hewan Peliharaan

Kekurangan Berat Badan Membahayakan Hewan Peliharaan

Sama dengan manusia, kekurangan berat badan pada hewan peliharaan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Jika anjing atau kucing peliharaan kekurangan berat badan, tubuh mereka tidak mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup sebagai bahan bakar untuk sepanjang hari.

Hal ini dapat menyebabkan berbagai permasalahan dan penyakit seperti selalu kedinginan, peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung.

Untuk itu, segera ambil langkah guna mengetahui akar penyebab penurunan berat badan tersebut. Kemudian lakukan apa yang bisa membantu hewan peliharaan mendapatkan berat badan ideal. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Taman Ramah Hewan Peliharaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com