Kompas.com - 14/06/2021, 16:47 WIB
Ilustrasi ras anjing Bichon frise Unsplash/Matt BrineyIlustrasi ras anjing Bichon frise

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain faktor kebersihan, keamanan juga penting diperhatikan saat memiliki hewan peliharaan di rumah. Pasalnya, rumah yang kamu tinggali turut menjadi tempat tinggal hewan peliharaan seperti anjing dan kucing

Apabila rumah tidak aman bagi hewan peliharaan, ada sejumlah bahaya yang bisa mengancam sahabat bulu. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Taman Ramah Hewan Peliharaan

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (14/6/2021), berikut ini cara menjaga rumah tetap aman bagi hewan peliharaan.  

Jauhkan makanan berbahaya

Makanan manusia tidak sama dengan makanan hewan. Ada sejumlah makanan manusia yang dapat beracun bagi anjing dan kucing, termasuk bawang merah dan cokelat.

Bahkan, meski makanan itu tidak beracun, hewan peliharaanmu bisa tersedak kemasannya. Jadi, jauhkan semua makanan beracun dari jangkauan hewan peliharaan atau simpan di balik pintu lemari yang tertutup. 

Baca juga: Cara Hilangkan Bau Pesing di Karpet yang Dikencingi Hewan Peliharaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Amankan tempat sampah

Segala jenis sampah di tempat sampah tidak hanya berbahaya bagi manusia, tetapi juga hewan peliharaan. Gelas plastik bekas, tulang ayam, dan makanan basi di tempat sampah bisa beracun bagi hewan peliharaan.

Cobalah menyimpan sampah di tong sampah tertutup yang tak terjangkau hewan peliharaan. Bisa pula menggunakan tempat sampah tertutup yang memakai pedal kaki saat membukanya dan memiliki ukuran cukup berat sehingga hewan peliharaan tidak dapat menjatuhkannya. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda dan Bau Kotoran Hewan Peliharaan di Lantai

Waspadai tanaman beracun

Beberapa jenis tanaman hias ada yang beracun bagi hewan peliharaan jika tak sengaja tertelan seperti Philodendron dan sirih gading. Tanaman ini dapat menyebabkan masalah kesehatan  serius pada hewan peliharaan.

Jadi, jauhkan tanaman berbahaya dari jangkauan hewan peliharaan, terutama kucing yang cenderung bisa memanjat ke mana pun. 

Baca juga: Tips Hidup dengan Hewan Peliharaan di Rumah yang Sempit

Jauhkan bahan kimia dan obat-obatan 

Hewan peliharaan dapat merasakan banyak hal, tetapi mereka tidak selalu tahu apa yang dapat menyakiti mereka. Pastikan kamu menyimpan bahan kimia berbahaya, persediaan pembersih, dan obat-obatan di tempat yang aman dan sulit dijangkau hewan peliharaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X