Kompas.com - 26/07/2021, 14:38 WIB
Ilustrasi bunga peony yang dianggap sebagai bunga keberuntungan dalam budaya China. UNSPLASH/HERRY SUTANTOIlustrasi bunga peony yang dianggap sebagai bunga keberuntungan dalam budaya China.

JAKARTA, KOMPAS. com - Memiliki bentuk yang cantik, warna yang indah, serta aroma yang harum dan manis membuat peony menjadi salah satu bunga terindah dan populer di dunia. 

Sekuntum bunga peony memiliki lebar mencapai 25 sentimeter, tergantung varietasnya. Bunga yang tergolong keluarga Paeoniaceae ini hadir dalam banyak warna, di antaranya pink, putih, merah, oranye, ungu, juga kuning. 

Baca juga: Mengenal Warna-warni Bunga Peony dan Maknanya

Selain itu, peony juga mempunyai daya tahan luar biasa di taman. Bunga ini dapat hidup lebih dari 100 tahun dan bertahan lebih dari seminggu dalam vas. Tak heran, peony menjadi bunga yang sangat dicintai.

Untuk mengenal lebih jauh bunga peony, berikut ini Kompas.com rangkum sejumlah fakta menarik bunga peony dilansir dari laman Better Homes and Gardens, Senin (26/7/2021). 

Baca juga: Daftar Bunga Terindah di Dunia, Mana Kesukaan Anda? 

Memiliki sejarah berabad-abad

Bunga peony berasal dari Asia, Eropa, dan Amerika Utara Barat. Di awal sejarah Tiongkok, peony dianggap sebagai bunga nasional negeri Tirai Bambu sebelum kini secara resmi menjadi bunga plum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anggota Dinasti Tang Cina mulai membiakkan bunga peony di istana kekaisaran pada abad ke-7 Sebelum Masehi. Popularitas peony mulai menyebar ke Jepang pada awal abad ke-11 serta Prancis dan Inggris pada abad ke-18.

Pada akhir 1800-an dan awal 1900-an, bungan peony juga mulai populer di Amerika Serikat. Peony bahkan menjadi bunga negara bagian Indiana pada 1957 menggantikan bunga zinnia. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Marigold dari Benihnya, Bisa di Pot atau Tanah 

Ada berbagai macam peony

Fakta menarik bunga peony selanjutnya adalah memiliki banyak varietas. Ada lebih dari 6.500 ribu varietas peony. American Peony Society melacak varietas peony setiap tahun.

Sebagian besar varietas paling bahagia berada di bawah sinar matahari penuh, tetapi beberapa peony merasa paling baik di tempat teduh. Peony biasanya mekar dari akhir musim semi hingga awal musim panas.  

Baca juga: 7 Pilihan Bunga Cantik yang Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan 

Nama peony berakar dalam mitologi Yunani

Ilustrasi bunga peony. SHUTTERSTOCK/SERHII BROVKO Ilustrasi bunga peony.
Peony dinamai Paeon (juga dieja Paean), yang merupakan murid Asclepius, dewa pengobatan dan penyembuhan Yunani.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.