Kompas.com - 17/01/2022, 13:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan sering kali merupakan ruang ekstra yang hanya digunakan untuk liburan atau acara-acara khusus.

Sayangnya, membuat ruang makan di rumah kerap memakan atau mengorbankan satu ruangan berharga di rumah. Padahal, tempat makan ini juga jarang digunakan sehingga kosong serta mengumpulkan debu

Baca juga: 7 Dekorasi Ruang Makan yang Nyaman

Untuk itu, ruang makan sebaiknya didesain multifungsi atau digabungkan bersama ruangan lain sehingga tidak terbengkalai. 

Mengutip dari Bobvila, Senin (17/1/2022), berikut enam ide membuat ruang makan yang multifungsi. 

Baca juga: 4 Ide Desain untuk Menciptakan Ruang Makan yang Menawan 

Kursi bar 

Ilustrasi kursi barUnsplash/Faisal Waheed Ilustrasi kursi bar
Jika ruang makan dan dapur berbagi dinding, pertimbangkan menggunakan (atau membangun) jalan tembus yang bisa memudahkan Anda ketika memasak dan menyiapkan makanan.

Cukup tarik beberapa kursi bar untuk membuat bar sarapan makan di tempat tersebut. Penataan ini cocok sebagai tempat duduk ekstra untuk pertemuan besar, makan malam santai bersama keluarga, atau hanya sedikit relaksasi yang nyaman setelah memasak. 

Baca juga: 6 Item yang Dapat Membuat Ruang Makan Tampak Cantik dan Mewah

Gunakan perabotan dengan bijak

Rak buku terbuka adalah cara instan dan mudah untuk membagi ruangan. Selain itu, menggunakan dua karpet berbeda dan lampu gantung yang keren dapat membantu menentukan ruang terpisah.

Sementara itu, warna dinding yang mencolok menyatukan semuanya dengan gaya yang menakjubkan. 

Gabungkan dan gunakan untuk kebutuhan lain 

Ilustrasi ruang makanUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang makan

Sering kali ruang makan hanya mengumpulkan banyak debu lantaran jarang digunakan. Daripada membiarkannya kosong, gunakan untuk kegiatan lain yang tidak memiliki area sendiri seperti ruang kerja

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.