Kompas.com - 26/05/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun dek atau lantai outdoor bisa menjadi cara bagus untuk menambahkan tempat ke taman. Dek bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai, menjamu tamu, berkumpul, atau acara malam barbercue.

 

Selain itu, membangun atau memilik dek di rumah merupakan sebuah kemewahan yang dapat meningkatkan tampilan ruang luar dan nilai properti Anda. 

Baca juga: 5 Manfaat Menerapkan Dek di Taman Rumah 

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membangun dek, dari pertimbangan estetika, lokasi, hingga kebutuhan. Belum lagi, ada beberapa aspek desain yang mungkin mudah diabaikan.

Sebelum memulai proyek, penting memiliki semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan paling tepat.

Dilansir dari Roohome, Kamis (26/5/2022), berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membangun dek di taman rumah. 

Baca juga: 5 Desain dan Jenis Dek untuk Luar Ruangan yang Cozy serta Nyaman 

Pertimbangkan tujuan membangun dek 

Ilustrasi dek atau lantai outdoor di taman rumahShutterstock/Artazum Ilustrasi dek atau lantai outdoor di taman rumah
Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah tujuan utama Anda membangun dek. Apakah ini memiliki tempat untuk keluarga bersantap di luar ruangan, tempat menjamu tamu, atau tempat yang nyaman untuk bersantai?

Fungsi yang berbeda akan membutuhkan jumlah ruang dan jenis aksesori yang berbeda pula. Untuk itu, cobalah mendiskusikan tujuan Anda dengan kontraktor guna membantu  memutuskan mana yang terbaik. 

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Taman untuk Acara BBQ Musim Panas

Lokasi 

Lokasi dek sering kali ditentukan oleh ukuran properti dan ruang luar Anda. Namun, jika  memiliki beberapa opsi penempatan yang berbeda, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Faktor pertama yang harus dipikirkan adalah kepraktisan. Pertimbangkan ukuran area, seberapa dekat dek dengan pintu masuk ke rumah, pemandangan lokasi, dan opsi privasi Anda.

Selain itu, pertimbangkan cuaca. Apakah area tersebut teduh atau terbuka? Apakah Anda tinggal di daerah berikilmi sejuk, sering mengalami hujan dan angin, atau daerah panas? 

Baca juga: 3 Ide Pencahayaan Terbaik untuk Taman 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Roohome
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.