Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Desain dan Jenis Dek untuk Luar Ruangan yang Cozy serta Nyaman

Kompas.com - 20/02/2022, 10:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dek atau lantai outdoor di rumah adalah sebuah kemewahan. Sayangnya, hal ini sering diremehkan saat merenovasi rumah.

Banyak orang tidak menyadari keserbagunaan yang dihadirkan dek. Dek dapat digunakan untuk bersantai, mengadakan pesta, acara barbecue, dan acara lainnya di luar ruangan

Baca juga: 5 Manfaat Menerapkan Dek di Taman Rumah

Namun, sebelum memutuskan jenis dek untuk halaman atau taman di rumah, pertimbangkan memilih desain dan suasana yang ingin dihadirkan. 

Misalnya, apakah dek ingin menjadi tempat bersantai, hiburan, menenangkan diri, atau ketiganya? Pertimbangkan juga kemampuan halaman Anda seperti ukuran, medan, juga iklim.

Untuk memudahkan pilihan dek impian Anda, berikut lima desain dan jenis dek untuk luar ruangan yang cozy atau menyenangkan dan nyaman dikutip dari My Decorative, Minggu (20/2/2022). 

Baca juga: 5 Furnitur yang Dibutuhkan Taman untuk Memberi Kenyamanan

Dek bertingkat

Ilustrasi dek bertingkat, ilustrasi teras di taman rumahShutterstock/Irina Mos Ilustrasi dek bertingkat, ilustrasi teras di taman rumah
Dek bertingkat sangat baik untuk rumah yang memiliki halaman luas. Jika halaman rumah miring, ini juga memberi lebih banyak kegunaan dan ruang untuk mengadakan pesta.

Setiap tingkat sering dihubungkan dengan tangga atau dapat diakses melalui setiap lantai rumah, tergantung pada gaya yang dipilih.

Dek bertingkat sangat bagus karena Anda dapat menggunakan setiap bagian untuk tujuan berbeda. Misalnya, memasang bathtub air panas, pemanggang, dan ruang makan di luar ruangan.

Selain itu, dek bertingkat banyak dipilih orang karena dapat melihat pemandangan dari sebagian dari dek mereka dan membiarkan sisanya terbuka. 

Baca juga: 6 Tips Menghadirkan Taman Bernuansa Bohemian di Rumah 

Dek terpasang 

Ini merupakan jenis dek paling umum. Lokasinya cukup jelas karena melekat pada rumah. Ini tentu menguntungkan pemilik rumah karena mudah diakses, meningkatkan luas persegi, dan menambah nilai rumah.

Ditambah, dek terpasang adalah alternatif yang sangat baik untuk teras karena terangkat dari tanah serta terlihat lebih bagus. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Taman Menjadi Tempat Bersantai yang Nyaman

Terpisah

Sesuai dengan namanya, lokasi dek ini berada terpisah dari rumah. Dek terpisah atau sering disebut dek pulau berada di suatu tempat di halaman yang jauh dari rumah.

Biasanya, jalan setapak dibuat dari rumah ke dek untuk memudahkan akses, terutama di pekarangan yang medannya tidak cocok untuk berjalan kaki.

Anda mungkin lebih suka dek terpisah jika mencari tempat yang tenang untuk bersantai di luar ruangan, jauh dari kebisingan rumah. Beberapa tanaman, air mancur kecil, dan kursi yang nyaman dapat mengubah dek terpisah menjadi oasis yang menenangkan. 

Baca juga: Trik Memasukkan Feng Shui ke Taman Rumah agar Bawa Keberuntungan  

Dek atap

Ilustrasi dek atap atau roof deck, ilustrasi teras di lantai atas rumahShutterstock/Olesia Bilkei Ilustrasi dek atap atau roof deck, ilustrasi teras di lantai atas rumah
Dek atap atau roof deck sering dipilih karena menawarkan privasi. Pemilik rumah di kota biasanya memilih jenis dek ini karena tidak memiliki cukup ruang di halaman atau taman rumah. Dek atap berada di lantai satu rumah. 

Sama dengan dek halaman biasa, dek atap menawarkan keserbagunaan dalam banyak cara. Namun, Anda tidak dapat menempatkan di kolam renang atau bak mandi air panas jika struktur rumah tidak cukup mendukung. 

Baca juga: 5 Bunga Beracun yang Sebaiknya Tidak Ditanam di Taman Rumah

Dek kolam renang

Dek kolam renang menyediakan tempat untuk bersantai dan berjemur di tepi kolam renang. Dek ini juga dapat membuat kolam di atas tanah terasa lebih di dalam tanah jika Anda mengelilinginya dengan dek.

Banyak orang menganggap dek jenis ini lebih disukai karena membuat kolam lebih mudah diakses oleh mereka yang kesulitan menaiki tangga.

Namun, perlu diingat, ketika membangun dek kolam renang, kayu alami akan lebih cepat rusak sehingga membutuhkan lebih banyak perawatan untuk mencegah serpihan. Dek komposit dengan teknologi pendinginan direkomendasikan untuk desain ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com