Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menghadirkan Taman Bernuansa Bohemian di Rumah

Kompas.com - 20/01/2022, 09:41 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Desain bohemian cukup populer digunakan sebagai interior rumah baik di kamar tidur, ruang keluarga maupun kamar mandi.

Desain yang mengedepankan kenyamanan dan elemen alam ini juga sangat cocok jika diaplikasikan di area taman.

Jika kamu sedang berusaha membuat tampilan taman menjadi tidak monoton dan terkesan lebih homey, desain bohemian bisa kamu coba.

Melansir dari Nursery Live, Rabu (19/1/2022), berikut ini adalah cara kreatif untuk menghadirkan taman bernuansa bohemian di rumah.

Baca juga: 4 Cara Mengundang Lebah ke Taman untuk Membantu Penyerbukan Tanaman

Barang bekas dan antik

Untuk menghadirkan kesan bohemian di taman, kamu bisa menambahkan barang-barang daur ulang atau anik. Contohnya saja kusen jendela, lemari antik, lampu ataupun meja rias.

Kamu bisa menambahkan beberapa tanaman untuk disusun di sekitar barang-barang seperti mawat, hydrangea, lavender dan juga dahlia untuk menghidupkan area.

Baca juga: 5 Tanaman Hias untuk Taman Bergaya Mediterania

Elemen alam

Gaya bohemian identik dengan banyak unsur alam, terutama tumbuhan. Kamu bisa menggunakan panel kayu untuk digantung di dinding dan jadikan area ini sebagai background tempat menyusun tanaman.

Gunakan tanaman-tanaman gantung atau rambat untuk menambah daya tarik visual. Gunakan pula tekstur dan warna berbeda dari tanaman seperti morning glory, ivy, dan bugenvil.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan kaktus, snake plant, philodendron dan pakis di dalam pot.

Baca juga: 7 Hama Menguntungkan bagi Taman, dari Lebah hingga Ular

Kain dengan pola dan tekstur

Penggunaan kain sebagai dekorasi sangat erat kaitannya dengan gaya bohemian. Gunakan kain tahan air sebagai tenda ataupun hiasan di antara pohon-pohon.

Pilihlah pola dan tekstur kain yang beragam dengan warna-warna yang menarik. Kamu juga bisa membuat teepee dengan hiasan renda atau pompom.

Tambahkan karpet unik kedalam teepee, selimut hangat dan bantal warna warni. Tampilan ini akan membuat taman menjadi lebih hangat dan mengundang.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Taman Menjadi Tempat Bersantai yang Nyaman

Bermain dengan pencahayaan

Untuk membuat taman bernuansa bohemian, ada beberapa jenis pilihan lampu menarik. Di antaranya adalah lampu gantung anyaman bambu atau macrame, lampu gantung manik-manik, lampu maroko atau lampu daur ulang dari botol bekas. Kamu bisa menggantungnya di antara pohon ataupun tiang-tiang di teras.

Pot bunga dengan warna dan desain menarik

Untuk menambah gaya bohemian yang eklektik, gunakan bahan-bahan bekas seperti sangkar burung atau kaleng cat sebagai pot tanaman.

Kamu juga bisa menyusun pot-pot tanaman di dalam gerobak bekas sebagai penghias sudut taman. Selain itu gunakan aquarium bekas sebagai wadah sukulen-sukulen untuk membentuk terarium.

Baca juga: 5 Furnitur yang Dibutuhkan Taman untuk Memberi Kenyamanan

Area duduk yang nyaman

Bohemian identik dengan area duduk rendah seperti beanbag atau kursi dengan kaki yang pendek. Perabotan yang digunakan juga identik dengan rasa nyaman karena dibuat untuk bersantai.

Gunakan area duduk berbahan bulu, kulit atau kursi rotan yang di cat. Tambahkan pula bantal sofa yang empuk dengan desain pola geometris.

Untuk menambah kenyamanan, kamu bisa menggunakan tempat tidur gantung ataupun ayunan gantung sehingga taman tampak lebih nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com