Kompas.com - 19/01/2022, 21:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi salah satu penambah rasa pada makanan, cuka merupakan bahan serbaguna yang dapat membersihkan banyak benda di rumah.

Tak hanya itu, cuka juga berguna membersihkan sebagian besar jenis lantai dan tidak merusak hasil akhir pabrik, tapi cukup kuat untuk menghilangkan kotoran dan debu

Baca juga: 6 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka Putih

Akan tetapi, hindari menggunakan cuka untuk membersihkan lantai kayu dan marmer karena akan merusak permukannya.

Untuk membuat pembersih lantai alami dari cuka, dilansir dari Home Guides SF Gate, Rabu (19/1/2022), Anda perlu menambahkan sedikit sabun dan baking soda untuk membuat cara kerja cuka lebih efektif. 

Baca juga: Cara Ampuh Bersihkan Noda pada Cermin Kamar Mandi dengan Cuka

Campurkan setengah cangkir air, setengah cangkir sabun pencuci piring, 1 2/3 cangkir baking soda, dan dua sendok makan cuka putih suling. Kemudian, aduk campuran sampai semua gumpalan larut dan tuangkan ke dalam botol semprot bersih.

Gunakan pembersih pada lantai dengan cara menyemprotkannya, lalu pel dan bilas lantai dengan air bersih. Jangan lewatkan pembilasan karena akan meninggalkan noda baking soda membandel yang sulit dihilangkan. 

Baca juga: 6 Cara Memanfaatkan Cuka Apel untuk Berkebun

Mengatasi noda membandel 

Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.
Lantai yang terkena noda tumpahan menimbulkan serangkaian masalah baru, tetapi tergantung pada apa yang merusak lantai Anda. 

Oleskan cuka dengan kekuatan penuh pada noda seperti jamur, buih sabun, atau endapan air sadah, kemudian gosok noda tersebut.

Saat membersihkan lantai laminasi, hindari membiarkan cuka atau cairan lain meresap di antara celah-celah papan dan terlalu lama.  

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Nyamuk dengan Cuka 

Membersihkan nat gelap

Membersihkan noda gelap pada nat kerami dapat menggunakan campuran air dan baking soda. Aduk kedua bahan sampai tercampur rata serta membentuk pasta. 

Selanjutnya, oleskan di atas garis nat dengan sikat gigi atau sikat kecil apa pun. Biarkan campuran berbusa, lalu mulailah menggosok dengan lembut, dan membilasnya sampai bersih.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.