Kompas.com - 19/01/2022, 18:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kegiatan membereskan dan membersihkan rumah bisa dilakukan sendiri dan bersama-sama. Namun, akan lebih efisien dan menyenangkan jika dilakukan secara bersama-sama.

Jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, mengajak si kecil untuk terbiasa memberekan rumah mungkin menjadi seuah tantangan.

Baca juga: 4 Tips Membuat Kamar Tidur Anak Tertata dan Menyenangkan

Darius Sinathrya, aktor, model, dan pembawa acara—mengatakan, salah satu cara membuat anak-anak rajin membereskan rumah—atau setidaknya mengembalikan barang yang telah dipakai ke tempat semula—adalah sering mengingatkan mereka.

“Anak punya pengalaman membutuhkan barang, tapi enggak ada dan mereka jadi sebel. Saat semangat ngerjain (tugas), enggak bisa dilanjutin. Kita ingetin kalau (barang) sudah dipakai, dikembalikan (ke tempat semula),” jelasnya dalam konferensi pers virtual MR. DIY bertajuk “Semua Ketemu di Sini”, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: 5 Cara Menciptakan Rumah yang Aman untuk Anak-anak

Saat mengingatkan, Darius menyarankan untuk bertanya kepada anak kapan mereka menggunakan atau melihat barang tersebut dan siapa yang terakhir menggunakannya.

“Memang itu salah satu tugas orang tua. Ngajarin anak untuk punya kebiasaan baik membutuhkan waktu panjang. Di masa tumbuh kembang anak, orang tua harus tandem dan jadi teman baik mereka,” kata Darius.

Dengan begitu, kata Darius, anak tidak akan merasa bahwa orang tua mereka hanya bisa menyuruh saja, tetapi juga melakukan hal yang sama dengan sang buah hati.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Mainan Anak

“Harus menjadi contoh, jadi barometer yang baik untuk anak. Selalu mengingatkan,” tutur Darius.

Dalam kesempatan yang sama, Donna Agnesia, model dan pembawa acara, yang juga istri dari Darius—mengatakan bahwa dirinya turut mengingatkan anak-anaknya tentang kenyamanan dan kebersihan.

Menurut Donna, kebersihan dan kerapihan suatu ruangan tergantung dari kenyamanan yang dirasakan oleh anak-anaknya. 

Baca juga: 8 Kesalahan yang Dilakukan Saat Membersihkan Rumah, Justru Bikin Kotor

“Anak-anak sudah punya kamar sendiri. Intinya, itu ruangan mereka. Bagaimana caranya dibikin senyaman mungkin,” ungkap Donna.

“Kalau berantakan membuat mereka enggak nyaman, ya bereskan. Kalau perlu dibantuin, akan dibantuin. Kita ajak bareng-bareng membereskannya,” imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.